Arih Masyhur, Hanifa (2025) PENERAPAN TEKNIK COPYWRITING AIDCA DAN SOFT SELLING PADA COPY KONTEN INSTAGRAM @PABRIKGOODIEBAG UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENERAPAN TEKNIK COPYWRITING AIDCA DAN SOFT SELLING PADA COPY KONTEN INSTAGRAM @PABRIKGOODIEBAG UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT [thumbnail of PENERAPAN TEKNIK COPYWRITING AIDCA DAN SOFT SELLING PADA COPY KONTEN INSTAGRAM @PABRIKGOODIEBAG UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR_HANIFA ARIH MASYHUR_227040404049_PERIKLANAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (883kB)
Abstract
ABSTRAK
Pabrik goodie bag memanfaatkan Instagram sebagai media untuk melakukan promosi. Namun, kurangnya penerapan copy yang menarik pada caption dan konten reels serta rendahnya tingkat engagement menjadi permasalahannya. Tugas akhir ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan copywriting yang efektif untuk meningkatkan engagement pada akun Instagram @pabrikgoodiebag dengan menggunakan teknik copywriting AIDCA pada caption dan pendekatan soft selling pada konten reels. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, studi Pustaka, dan wawancara. Hasil dari penerapan teknik copy ini menunjukkan kenaikan engagement yang signifikan pada periode Januari – Juni 2025. Peningkatan berdasarkan content interactions sebesar 99,5%, serta profile visits yang juga meningkat sebesar 155,4%, hasil tersebut menunjukkan bahwa engagement mengalami peningkatan lebih tinggi dari 3 (tiga) bulan sebelum ditangani oleh penulis.
ABSTRACT
A goodie bag factory utilizes Instagram as a medium for promotion. However, the lack of application of attractive copy in captions and content reels and the low level of engagement are the problems. This final project aims to explain how to apply effective copywriting to increase engagement on the @pabrikgoodiebag Instagram account by using the AIDCA copywriting technique in captions and the soft seliing approach in content reels. The data collection techniques used are observation, literature study, and interviews. The results of the application of this copy technique show a significant increase in engagement in the period January - June 2025. The increase based on the number of content interactions by 99.5%, and profile visits which also increased by 155.4%, these results show that engagement has increased higher than 3 (three) months before being handled by the author.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Anindita Budi Astuti, S.E., M.M., sebagai dosen pembimbing I; 2. Ratna Puspitasari Ardjani, M.FB., sebagai dosen pembimbing II. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: AIDCA, soft selling, Pabrik Goodie Bag, copywriting, engagement Keywords: AIDCA, soft selling, Pabrik Goodie Bag, copywriting, engagement |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Hanifa Arih Masyhur |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:23 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 02:23 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2510 |