Ananda, Sheila Noviandrie (2025) Perancangan Media Sosial Instagram sebagai Wadah Promosi Cokelat Praline dengan Perpaduan Wedang Uwuh. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Perancangan Media Sosial Instagram sebagai Wadah Promosi Cokelat Praline dengan Perpaduan Rempah Wedang Uwuh [thumbnail of Perancangan Media Sosial Instagram sebagai Wadah Promosi Cokelat Praline dengan Perpaduan Rempah Wedang Uwuh]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Preliminary Tugas Akhir Sheila.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
As the culinary industries continues to grow, business owners are expect are expect to keep innovating to create products that are unique and different from those already on the market. One interesting from of innovation is the combination of chocolate praline with traditional Indonesian spices, such as wedang uwuh. This final project focuses on designing visual branding for U Delight, a chocolate praline product filled with wedang uwuh, using Instagram as the main promotional platform. The objective is to build a strong brand identity and attract young customer through appealing and consistent visual content. The methods used include STP and SWOT analysis, observation, questionnairs, documentation and literature review. The results includea logo, Instagram feed design, reels, stories based on unified visual concept. Insights and questionnaire data show that this visual branding approach successfully increased awareness and interest among audience 17-25. In conclusion, social media based visual branding is effective in promoting local innovations with a modern touch.
Keywords : visual branding, chocolate pralibne, wedang uwuh spices, Instagram, U Delight.
Seiring perkembangan industri kuliner, pelaku usaha dituntut untuk terus berinovasi dalam menciptakan produk yang sudah ada. Salah satu jenis inovasi yang saat ini menarik adalah kombinasi cokelat praline dengan rempah-rempah tradisonal Indonesia seperti wedang.uwuh. Tugas akhir ini bertujuan merancang visual branding produk cokelat praline berisi wedang uwuh dengan nama U Delight melalui media Instagram. Tujuannya adalah membangun identitas merek yang kuat dan menarik minat konsumen muda. Metode yang digunakan mencakup analisis STP dan SWOT, observasi, kuisioner, dokumentasi serta studi pustaka. Hasil dari perancangan ini meliputi logo, desain feed, reels, dan stories dengan konsep visual yang konsisten. Meningkatkan kesadaran dan ketertarikan audiens berusia 17-25 tahun. Kesimpulannya strategi visual branding yang dirancang melalui platfrom media sosial terbukti berhasil dalam memperkenalkan produk inovatif yang menggabungkan nilai-nilai budaya lokal.
Kata kunci : visual branding, cokelat praline, wedang uwuh, Instagram, U Delight
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Anindita Budi Astuti S.E, M.M, Sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Liza Amalia Putri S.S, M.A Sebagai Dosen Pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords : visual branding, chocolate praline, wedang uwuh spices, Instagram, U Delight Kata kunci : visual branding, cokelat praline, wedang uwuh, Instagram, U Delight |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 641 Makanan dan minuman |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner |
Depositing User: | Ananda Sheila Noviandrie |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 08:34 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2515 |