Sahara, Raka Satria (2025) PEMBUATAN KONTEN VIDEO PADA INSTAGRAM @CLOUDBOOKSPUBLISHING UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN KONTEN VIDEO PADA INSTAGRAM @CLOUDBOOKSPUBLISHING UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT [thumbnail of PEMBUATAN KONTEN VIDEO PADA INSTAGRAM @CLOUDBOOKSPUBLISHING UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA-Raka Satria Sahara- Repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (917kB)
Abstract
In facing the fully digital era, @cloudbookspublishing encounters challenges such as previously uploaded content that has not been optimal in engaging the audience, and the lack of implementation of content pillars in each video content creation. The purpose of this writing is to develop video content using content pillars. The method used in this study applies the AISAS approach (Attention, Interest, Search, Action, & Share) and STP (Segmentation, Targeting, Positioning). The results of this research show a significant increase in engagement during the period from January to May 2025. One of the top-performing contents reached 325 thousand views, 42 thousand likes, 352 comments, 1,500 shares, and was saved 965 times. The @cloudbookspublishing account also experienced an increase in followers from 94 thousand to 97 thousand, indicating the success of the implemented content strategy.
Dalam menghadapi era yang serba digital, @cloudbookspublishing kurang memahami strategi untuk pembuatan konten video dalam menghadapi tantangan seperti konten yang diunggah sebelumnya masih belum optimal dalam menarik keterlibatan audiens, belum menerapkan content pillar disetiap pembuatan konten video dan tujuan penelitian ini untuk membuat 2 (dua) konten pillar video dengan content pillar. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan AISAS (Attention, Interest, Search, Action, & Share) dan STP (Segmentation, Targeting, Positioning). Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan Engagement yang signifikan selama periode Januari hingga Mei 2025. Salah satu konten teratas berhasil terbukti mencapai 325 ribu tayangan, 42 ribu suka, 352 komentar, 1.500 dibagikan, dan 965 kali disimpan. Akun @cloudbookspublishing juga mengalami peningkatan jumlah pengikut dari 94 ribu menjadi 97 ribu, yang menunjukan bahwa pembuatan konten dapat meningkatkan engagement.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Zaenab, S.S., M.Si., Sebagai Dosen Pembimbin I; 2. Freddy Yakob, M.I.Kom., Sebagai Dosen Pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Instagram, Engagement, Video Content, STP, AISAS, Cloudbooks Publishing Kata Kunci: Instagram, Engagement, Konten Video, STP, AISAS, Cloudbooks Publishing |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Raka Satria Sahara |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:51 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 02:51 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2532 |