PEMBUATAN BUKU POP UP SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS 1 SDN 106866 CEMARA

Samosir, Ilya (2025) PEMBUATAN BUKU POP UP SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS 1 SDN 106866 CEMARA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN BUKU POP UP SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS 1 SDN 106866 CEMARA] Text (PEMBUATAN BUKU POP UP SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS 1 SDN 106866 CEMARA)
TUGAS AKHIR_ILYA SAMOSIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (551kB)

Abstract

ABSTRACT
The background of the problem in this final project is raised from direct observation at SDN 106866 Cemara which shows that teachers still use textbooks as the only mathematics learning media that is less visually appealing and interactive. The purpose of this project is to create a pop-up book with a fruit theme as an innovative and fun educational media to help grade 1 students understand the concept of addition. The theory used refers to graphic design principles and visual learning theory, and is reinforced by the results of research by Indah et al (2025) which states that the use of pop-up book media is proven effective in increasing students' learning motivation and understanding of mathematics material in elementary schools. The implementation method includes field observation, needs analysis, concept development, visual design, and making the final product using pop-up mechanism techniques. The results of the discussion show that pop-up books with fruit illustrations are able to visualize addition material concretely and interestingly, so that students understand the material more easily and are more active in the learning process. The conclusion of this final project is that pop-up book media can be an effective, interactive, and fun alternative in learning basic math for grade 1 students.
Keywords: Pop Up, Media, Addition, Fruit

ABSTRAK

Latar belakang permasalahan dalam tugas akhir ini diangkat dari hasil observasi langsung di SDN 106866 Cemara, yang menunjukkan bahwa guru masih menggunakan buku paket sebagai satu-satunya media pembelajaran matematika, yang kurang menarik secara visual dan interaktif. Tujuan dari proyek ini adalah membuat buku pop up bertema buah-buahan sebagai media edukasi yang inovatif dan menyenangkan untuk membantu siswa kelas 1 dalam memahami konsep penjumlahan. Teori yang digunakan mengacu pada prinsip desain grafis dan teori pembelajaran visual, serta diperkuat oleh hasil penelitian Indah dkk (2025) yang menyatakan bahwa penggunaan media buku pop-up terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi matematika di sekolah dasar. Metode pelaksanaan meliputi observasi lapangan, analisis kebutuhan, pengembangan konsep, perancangan desain visual, serta pembuatan produk akhir menggunakan teknik mekanisme pop-up. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa buku pop-up dengan ilustrasi buah-buahan mampu memvisualisasikan materi penjumlahan secara konkret dan menarik, sehingga siswa lebih mudah memahami materi dan lebih aktif dalam proses belajar. Simpulan dari tugas akhir ini adalah bahwa media buku pop-up dapat menjadi alternatif yang efektif, interaktif, dan menyenangkan dalam pembelajaran matematika dasar bagi siswa kelas 1 SD.
Kata kunci: Pop Up, Media, Penjumlahan, Buah

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sofi Andriyanti, S.Pd, M.Sn, sebagai Dosen Pembimbing I 2. Dewantoro Lase, S.Kom, M.Kom, sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Pop Up, Media, Addition, Fruit, Pop Up, Media, Penjumlahan, Buah
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan
Depositing User: Ilya Samosir
Date Deposited: 15 Aug 2025 03:26
Last Modified: 15 Aug 2025 03:26
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2563

Actions (login required)

View Item
View Item