PEMBUATAN KONTEN PROMOSI MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERBASIS MODEL AISAS UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DALANG VAPOR PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK

Zachry, Muhammad Farizal (2025) PEMBUATAN KONTEN PROMOSI MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERBASIS MODEL AISAS UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DALANG VAPOR PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pembuatan Konten Promosi Menggunakan Artificial Intelligence Berbasis Model AISAS untuk Meningkatkan Brand Awareness Dalang Vapor pada Media Sosial Tiktok] Text (Pembuatan Konten Promosi Menggunakan Artificial Intelligence Berbasis Model AISAS untuk Meningkatkan Brand Awareness Dalang Vapor pada Media Sosial Tiktok)
Naskah Laporan Tugas Akhir_Muhammad Farizal Zachry_2270404067-1-14.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalang Vapor is a shop that sells liquid vape products and actively promotes them through its TikTok account @dalangbreweryyy. As a new brand, Dalang Vapor faces challenges of minimal content activity, low reach, and low audience engagement. To overcome this, the author utilizes artificial intelligence (AI) technology to speed up and simplify the process of producing interesting and on trend content. Content creation begins by composing prompts using ChatGPT, which are then used in Leonardo AI to generate basic visuals. The visuals are processed into videos through RunwayML, and then edited in CapCut before being published. Based on data for the period February 19-June 2025, the total audience reached reached 5,479 people, with an increase of more than 5,500 impressions. Video duration also increased to 6,995 views, and profile views increased by 248
times. Audience engagement also increased with 269 likes, 65 comments, and 89 shares, showing active interaction from users. In addition, the @dalangbreweryyy account gained an additional 40 followers without a drop. This data shows that
utilizing AI in the content creation process contributes to increasing Dalang Vapor's visibility, interaction, and brand awareness on the TikTok platform.

Dalang Vapor adalah toko yang menjual produk liquid vape dan aktif mempromosikannya melalui akun TikTok @dalangbreweryyy. Sebagai brand baru, Dalang Vapor menghadapi tantangan minimnya aktivitas konten, rendahnya jangkauan, dan keterlibatan audiens yang masih rendah. Untuk mengatasi hal ini, penulis memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan guna mempercepat dan mempermudah proses produksi konten yang menarik dan sesuai tren. Pembuatan konten dimulai dengan menyusun arahan menggunakan ChatGPT, yang kemudian digunakan di Leonardo AI untuk menghasilkan visual dasar. Visual tersebut diolah menjadi video melalui RunwayML, lalu diedit di CapCut sebelum dipublikasikan. Berdasarkan data periode 19 Februari–20 Juni 2025, total penonton yang dijangkau mencapai 5.479 orang, dengan peningkatan lebih dari 5.500 tayangan. Durasi video juga meningkat hingga 6.995 tayangan, dan tayangan profil naik sebanyak 248 kali.
Keterlibatan audiens juga meningkat dengan 269 suka, 65 komentar, dan 89 kali dibagikan, menunjukkan interaksi aktif dari pengguna. Selain itu, akun @dalangbreweryyy mendapatkan tambahan 40 pengikut tanpa penurunan. Data ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan dalam proses
pembuatan konten berkontribusi pada peningkatan visibilitas, interaksi, dan kesadaran merek Dalang Vapor di platform TikTok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Zaenab, S.S., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Rizki Akbar Mustopa, S.Pd., Gr., M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: TikTok, Promotional Content, Brand Awareness, Artificial Intelligence, Dalang Vapor, TikTok, Konten Promosi, Kesadaran Merek, Kecerdasan Buatan, Dalang Vapor
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Muhammad Farizal Zachry
Date Deposited: 28 Aug 2025 01:38
Last Modified: 28 Aug 2025 01:38
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item
View Item