Yassir, Sebastian Muhammad (2025) PROSES PEMBUATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PT BERKO BERKAH MANDIRI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PROSES PEMBUATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PT BERKO BERKAH MANDIRI [thumbnail of PROSES PEMBUATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PT BERKO BERKAH MANDIRI]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SEBASTIAN MUHAMMAD YAASIR_TUGAS AKHIR_1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (853kB)
Abstract
PT Berko Berkah Mandiri (PT BBM), as one of the companies providing KIR vehicle testing equipment, has utilized the social media platform YouTube since 2023 to enhance brand awareness and showcase its corporate portfolio. However, the use of YouTube has not yet reached optimal results, as indicated by the low number of video views. Several factors contributing to this condition include poor video quality, unappealing editing, unclear audio, as well as unattractive titles and thumbnails. This final project aims to provide insights into the content creation process of PT BBM’s YouTube channel. The data collection methods used in this study include observation and literature review, supported by analysis using the STP (Segmentation, Targeting, Positioning) and AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) models. The results demonstrate a significant improvement in the performance of PT BBM’s YouTube account, including growth in views, likes, and subscribers.
PT Berko Berkah Mandiri (PT BBM) adalah perusahaan penyedia alat uji KIR kendaraan yang memanfaatkan platform YouTube sejak tahun 2023 untuk meningkatkan brand awareness dan citra perusahaan. Meskipun telah aktif sejak tahun 2023, akun YouTube PT BBM masih menghadapi tantangan seperti rendahnya jumlah views, likes, dan subscribers. Views hanya sebanyak 250 kali dari 2 video terunggah, 15 likes, dan pertambahan subscribers hanya +1 permasalahan ini disebabkan oleh kualitas konten video yang belum optimal, seperti kurang menariknya judul, thumbnail, editing, opening, closing serta audio yang kurang. sehingga bagaimana proses pembuatan konten video YouTube PT BBM untuk meningkatkan brand awareness. Tujuan Penelitian ini adalah bisa membuat proses konten video YouTube PT BBM. Metode yang digunakan meliputi observasi dan studi Pustaka dengan pendekatan analisis STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Hasil Penelitian menunjukkan peningkatan views, akun YouTube PT BBM berhasil dari 250 views menjadi 3.971 views dan di 4 (empat) video dari 15 likes meningkat menjadi 36 likes, dan pertambahan subscribers dari 56 meningkat menjadi 59 subscribers. Kesimpulannya menunjukkan adanya peningkatan views yang berarti pembuatan konten video YouTube PT BBM berhasil karena terjadinya peningkatan views.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Zaenab, S.S., M.Si 2. Ingrid Veronica, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | YouTube, Brand Awareness, Video Content, STP, AISAS YouTube, Brand Awareness, Konten Video, STP, AISAS |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | sebastian muhammad yaasir |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:38 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:38 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2628 |