Suhand, Ahmad Fachrozi (2025) PENERAPAN TEKNIK STYLIZED TEXTURING PADA GAME "NUSAN JOURNEY" UNTUK VISUAL YANG OPTIMAL DAN IMERSIF. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
This is the latest version of this item.
![PENERAPAN TEKNIK STYLIZED TEXTURING PADA GAME "NUSAN JOURNEY" UNTUK VISUAL YANG OPTIMAL DAN IMERSIF [thumbnail of PENERAPAN TEKNIK STYLIZED TEXTURING PADA GAME "NUSAN JOURNEY" UNTUK VISUAL YANG OPTIMAL DAN IMERSIF]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REPOSITORY_LAPORAN TUGAS AKHIR_AHMAD FACHROZI SUHAND_21210007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Peran visual dalam pengalaman imersif bermain game terus berkembang,mendorong kebutuhan akan tampilan yang menarik namun tetap efisien, terutama seiring transisi dari mesin arcade ke perangkat pribadi. Mengatasi tantangan ini, proyek “Nusan Journey”, sebuah game petualangan puzzle, memanfaatkan gaya visual stylized texturing. Laporan ini membahas implementasi teknik tersebut, berfokus pada integrasi desain low-poly dengan elemen visual gaya tangan (handpainted), kartun, dan kontras warna yang ekspresif. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan dunia game yang unik dan menarik, sembari memastikan kinerja optimal pada berbagai perangkat, termasuk yang memiliki spesifikasi terbatas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan stylized texturing tidak hanya memperkuat identitas visual game dan meningkatkan keterlibatan emosional pemain, tetapi juga terbukti lebih efisien dalam proses rendering dibandingkan tekstur realistis. Hal ini didukung oleh hasil survei pada pengujian beta testing yang mendapatkan persentase 84,64%, termasuk dalam kategori "Sangat Setuju", menunjukkan bahwa pengembangan game "Nusan Journey" dengan teknik stylized texturing untuk visual yang optimal dan imersif sudah berhasil. Ini memungkinkan “Nusan Journey” menyajikan pengalaman visual yang khas dan imersif, namun tetap mudah diakses oleh pengguna yang lebih luas.
The role of visuals in immersive gaming experiences continues to evolve, driving the need for captivating yet efficient displays, especially as the industry transitions
from arcade machines to personal devices. Addressing this challenge, the "Nusan Journey" project, a puzzle adventure game, utilizes a stylized texturing visual style. This report discusses the implementation of this technique, focusing on integrating low-poly design with hand-painted, cartoon, and expressive color contrast visual elements. This approach aims to create a unique and engaging game world while ensuring optimal performance across various devices, including those with limited specifications. Testing results show that the use of stylized texturing not only strengthens the game's visual identity and enhances players' emotional engagement but also proves more efficient in the rendering process compared to realistic textures. This is supported by survey results from beta testing, which yielded an 84.64% "Strongly Agree" response rate, indicating that the development of "Nusan Journey" with stylized texturing for optimal and immersive visuals has been successful. This allows "Nusan Journey" to deliver a distinct and immersive visual experience while remaining accessible to a wider range of users.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Nofiandri Setyasmara, M.T., sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Rido Galih Aliefm S.A.B., M.A.B., sebagai Dosen Pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Game Puzzle, Low-Poly Model, Stylized Texturing Keywords : Game Puzzle, Low-Poly Model, Stylized Texturing |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Ahmad Fachrozi Suhand |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:49 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2652 |
Available Versions of this Item
-
PENERAPAN TEKNIK STYLIZED TEXTURING PADA GAME
"NUSAN JOURNEY" UNTUK VISUAL YANG OPTIMAL DAN
IMERSIF. (deposited 12 Aug 2025 06:58)
- PENERAPAN TEKNIK STYLIZED TEXTURING PADA GAME "NUSAN JOURNEY" UNTUK VISUAL YANG OPTIMAL DAN IMERSIF. (deposited 14 Aug 2025 07:49) [Currently Displayed]