Zahra, Aini (2025) PEMBUATAN CAPTION COPYWRITING BERBASIS TEKNIK AIDCA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, CONVICTION, ACTION) UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS INSTAGRAM TRL ( TAS RAMAH LINGKUNGAN ) INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN CAPTION COPYWRITING BERBASIS TEKNIK AIDCA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, CONVICTION, ACTION) UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS INSTAGRAM TRL ( TAS RAMAH LINGKUNGAN ) INDONESIA [thumbnail of PEMBUATAN CAPTION COPYWRITING BERBASIS TEKNIK AIDCA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, CONVICTION, ACTION) UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS INSTAGRAM TRL ( TAS RAMAH LINGKUNGAN ) INDONESIA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
unggahan repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRACT
Instagram is one of the social media platforms that is currently widely used by the public because it is able to present interesting visual content, is easily accessible, and is effective in building interaction and closeness between brands and audiences. Marketing agency We Are Social has released its latest report on the world's internet users, including Indonesia. Based on the release of its latest report, it revealed that the number of internet users in Indonesia reached 5.35M million of the largest total population of 8.08M. The problems in this study are how the profile and initial conditions of the TRL Indonesia brand and how to make caption copywriting based on the AIDCA technique (Attention, Interest, Desire, Action) and how users respond to the results of caption copywriting based on the AIDCA technique. The aim is to explain the profile and initial conditions of TRL Indonesia's social media and explain the user response to the caption based on the AIDCA technique to determine the level of involvement in the awareness of TRL Indonesia's Instagram account. Before this research was conducted from December 2, 2024 to June 2, 2025 Insight Reach before the research amounted to 499 and after the research increased to 1,368 accounts. By using the AIDCA technique, captions are considered more effective in attracting attention, building interest, growing desire, convincing audiences, and encouraging them to take action. This technique helps.
Keyword : AIDCA, Caption, Copywriting, Awareness, Insight,TRL Indonesia
ABSTRAK
Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh khalayak karena mampu menyajikan konten visual yang menarik, mudah diakses, serta efektif dalam membangun interaksi dan kedekatan antara brand dan audiens. Agensi marketing We Are Social kembali merilis laporan terbaru terkait pengguna internet dunia termasuk didalamnya adalah negara Indonesia. Berdasarkan rilis laporan terbarunya, mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 5,35M juta total populasi terbesar yakni 8,08M jiwa. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu bagaimana Profil dan kondisi awal brand TRL indonesia dan bagaimana pembuatan caption copywriting berbasis teknik AIDCA (Attention, Interest, Desire, Action) serta bagaiamana respon pengguna terhadap terhadap hasil caption copywriting berbasis teknik AIDCA. Tujuan nya untuk menjelaskan profil dan kondisi awal media sosial TRL Indonesia serta menjelaskan respon pengguna terhadap caption berbasis teknik AIDCA untuk mengetahui tingkat keterlibatan pada awareness akun instagram TRL Indonesia. Sebeleum penelitian ini di lakukan dari tanggal 2 desember 2024 hingga 2 juni 2025 Insight Jangkauan sebelum adanya penelitian sebesar 499 dan setelah adanya penelitian meningkat menjadi 1.368 akun. Dengan menggunakan teknik AIDCA, caption dinilai lebih efektif dalam menarik perhatian, membangun minat, menumbuhkan keinginan, meyakinkan audiens, hingga mendorong mereka untuk melakukan tindakan. Teknik ini membantu menyusun alur komunikasi yang terstruktur dan persuasif.
Kata kunci : Brand Awareness, Copy Content, Copywriting, TRL Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Anindita Budi Astuti, S.E.,M.M sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Rizki Akbar Mustopa, S.pd., Gr., M.pd sebagai Dosen Pembimbing II; |
Uncontrolled Keywords: | AIDCA, Caption, Copywriting, Awareness, Insight,TRL Indonesia,Brand Awareness, Copy Content, Copywriting, TRL Indonesia |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Aini Zahra |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:44 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 03:44 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2685 |