PEMANFAATAN UNITY DALAM PEMBUATAN GAME PLATFORMER 2D ‘PUSAKA’ SEBAGAI MEDIA MELESTARIKAN BUDAYA NUSANTARA

Aziz, Thorik (2025) PEMANFAATAN UNITY DALAM PEMBUATAN GAME PLATFORMER 2D ‘PUSAKA’ SEBAGAI MEDIA MELESTARIKAN BUDAYA NUSANTARA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMANFAATAN UNITY DALAM PEMBUATAN GAME PLATFORMER 2D ‘PUSAKA’ SEBAGAI MEDIA MELESTARIKAN BUDAYA NUSANTARA] Text (PEMANFAATAN UNITY DALAM PEMBUATAN GAME PLATFORMER 2D ‘PUSAKA’ SEBAGAI MEDIA MELESTARIKAN BUDAYA NUSANTARA)
Laporan Tugas Akhir - Thorik Aziz - 21210069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Indonesia boasts a rich and diverse cultural heritage, yet the younger generation's
interest in the archipelago's traditional culture is declining, largely influenced by
globalization and a lack of engaging educational media. This study addresses this
challenge by developing Adventure for the Arts and Traditions of the Archipelago
(PUSAKA), an educational 2D platformer game built with Unity. The game is
designed to introduce Indonesian cultural elements through interactive mini-games,
digital world exploration, and engaging narratives, thereby enhancing players'
understanding and appreciation of local traditions. Its development adopted a
modular Object-Oriented Programming (PBO) structure and followed the Game
Development Life Cycle (GDLC), encompassing initiation, pre-production,
production, testing (including Acceptance Beta Testing), and distribution phases.
The study's results indicate that PUSAKA is highly effective in increasing players'
awareness of Indonesia's cultural diversity and provides an enjoyable, interactive
learning experience. This research is expected to contribute significantly to
encouraging the younger generation to better understand and actively preserve the
rich cultural heritage of the archipelago in the digital era.
Keywords: Educational Game, Cultural Preservation, Platformer Game, PBO,
GDLC.
Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam, namun minat generasi muda
terhadap budaya Nusantara cenderung menurun, sebagian besar diakibatkan oleh
pengaruh globalisasi dan minimnya media pembelajaran yang menarik dan
interaktif. Penelitian ini bertujuan mengatasi tantangan tersebut dengan
mengembangkan game platformer edukatif berjudul Petualangan Untuk Seni dan
Adat Khas Archipelago (PUSAKA) yang berbasis Unity. Game ini dirancang untuk
mengintegrasikan unsur-unsur budaya Indonesia melalui mini-game interaktif,
eksplorasi dunia digital, dan narasi yang menarik, guna meningkatkan pemahaman
dan apresiasi pemain terhadap tradisi lokal. Pengembangannya menerapkan
struktur Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) yang modular serta mengikuti
Game Development Life Cycle (GDLC), mencakup tahap inisiasi, pra-produksi,
produksi, pengujian (termasuk Acceptance Beta Testing), dan distribusi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa game PUSAKA efektif dalam meningkatkan
kesadaran pemain terhadap keberagaman budaya Indonesia sekaligus memberikan
pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini diharapkan
dapat berkontribusi signifikan dalam mendorong generasi muda untuk lebih
mengenal dan aktif melestarikan kekayaan budaya Nusantara di era digital.
Kata Kunci: Game Edukatif, Pelestarian Budaya, Game Platformer, PBO,
GDLC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. YUYUN KHAIRUNISA, S.Si., M.Kom. 2. MISBAKUL MUNIR, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Educational Game, Cultural Preservation, Platformer Game, PBO, GDLC. Game Edukatif, Pelestarian Budaya, Game Platformer, PBO, GDLC.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 709 Sejarah, perlakuan geografis, biografi
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi
900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Thorik Aziz
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:30
Last Modified: 20 Aug 2025 03:30
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item
View Item