PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF MENGENAL ALPHABET UNTUK ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI LEBAK BULUS

Arimbi Dammiani Sabina, Sabina (2024) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF MENGENAL ALPHABET UNTUK ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI LEBAK BULUS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF MENGENAL ALPHABET UNTUK ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI LEBAK BULUS] Text (PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF MENGENAL ALPHABET UNTUK ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI LEBAK BULUS)
Naskah Laporan TA Sabina Arimbi Dammiani-1-11.pdf

Download (952kB)

Abstract

Learning the alphabet should be introduced early as a foundation for education
and communication. One strategy to engage children's interest is through
interactive educational media. The use of media such as two-dimensional images
in books often makes students passive and less interactive. Therefore, educational
media that can increase children's interest and participation is needed. The author
designed an interactive book allowing children to interact directly with its content.
Data was collected through observation and interview methods. Observations were
made to see how children interact with existing educational media, while interviews
with teachers and parents provided insights into children's needs and preferences.
The goal of this book design is to provide education and entertainment to young
children, hoping to increase their interest in reading and writing.
Mempelajari huruf alfabet sebaiknya diperkenalkan sejak dini sebagai dasar
pendidikan dan komunikasi. Salah satu strategi menarik minat anak adalah melalui
media pembelajaran interaktif. Penggunaan media seperti gambar dua dimensi
dalam buku sering menyebabkan siswa pasif dan kurang berinteraksi. Oleh karena
itu, diperlukan media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan
partisipasi anak. Penulis merancang buku interaktif di mana anak dapat berinteraksi
langsung dengan isi buku. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan
wawancara. Observasi digunakan untuk melihat interaksi anak dengan media
pembelajaran yang ada, sementara wawancara dengan guru dan orang tua
memberikan wawasan tentang kebutuhan dan preferensi anak. Tujuan perancangan
buku ini adalah memberikan pendidikan dan hiburan kepada anak usia dini, dengan
harapan meningkatkan minat mereka dalam membaca dan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yayah Nurasiah, M.Pd., selaku Pembimbing I. Citrani Eka Lamda Nur, S.Sn., M.I.Kom., selaku Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Keywords: alphabet learning, interactive, books, children, Kata kunci: Pembelajaran alphabet, Buku interaktif, Anak – anak.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:34
Last Modified: 19 Feb 2025 03:34
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item
View Item