PERANCANGAN DESAIN DAN MODELING 3D KARAKTER PAK UJU DALAM FILM ANIMASI “MELANGKAH BERSAMA"

Hadaina, Sarah (2025) PERANCANGAN DESAIN DAN MODELING 3D KARAKTER PAK UJU DALAM FILM ANIMASI “MELANGKAH BERSAMA". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN DAN MODELING 3D KARAKTER PAK UJU DALAM FILM ANIMASI “MELANGKAH BERSAMA"] Text (PERANCANGAN DESAIN DAN MODELING 3D KARAKTER PAK UJU DALAM FILM ANIMASI “MELANGKAH BERSAMA")
Peliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

This research aims to create the design and 3D modeling of characters for the animated film Melangkah Bersama using a Practice-Based Research approach. The process includes visual exploration, 2D character design, and the realization of characters in 3D form using the box modeling technique. The main subjects are Pak Uju, a human character. The research involved literature review, observation, and expert interviews to strengthen the theoretical foundation and support the creative process. The outcome not only resulted in production-ready 3D character models but also demonstrated how design practices can serve as a reflective medium to convey strong story messages. It is hoped that this work can serve as a reference for developing educational and contextually relevant animated characters.

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan desain dan modeling karakter 3D dalam film animasi Melangkah Bersama dengan pendekatan Practice-Based Research. Proses ini mencakup tahapan eksplorasi ide visual, perancangan desain karakter 2D, hingga perwujudan karakter ke dalam bentuk 3D menggunakan teknik box modeling. Objek utama dalam penelitian ini adalah karakter Pak Uju sebagai manusia. Penelitian dilakukan melalui studi literatur, observasi, dan wawancara untuk memperkuat dasar teori dan mendukung proses penciptaan. Hasil dari penelitian ini tidak hanya menghasilkan model karakter 3D yang siap diproduksi dalam animasi, tetapi juga menunjukkan bagaimana praktik desain dapat menjadi media reflektif untuk menyampaikan pesan cerita yang kuat. Diharapkan hasil ini dapat menjadi referensi dalam proses pengembangan karakter animasi yang edukatif dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Prily Fitria Aziz S.Kom., M.Kom., Selaku Dosen Pembimbing I. 2. Antonius Edi Widiargo, M.I.Kom Selaku Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: character design, 3D modeling, animation, box modeling, practice-based research,desain karakter, modeling 3D, animasi, box modeling, practice-based research
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Sarah Hadaina
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:27
Last Modified: 19 Aug 2025 03:27
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item
View Item