PENGOPTIMALISASIAN VISUAL VIDEO ON DEMAND DALAM MEDIA DIGITAL HAIBUNDA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT VIEWS

Sugeng, Randu (2025) PENGOPTIMALISASIAN VISUAL VIDEO ON DEMAND DALAM MEDIA DIGITAL HAIBUNDA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT VIEWS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of TUGAS AKHIR RANDU GEDE RAHADI FOR REPOSITORY_2270404095_removed.pdf] Text
TUGAS AKHIR RANDU GEDE RAHADI FOR REPOSITORY_2270404095_removed.pdf

Download (827kB)

Abstract

ABSTRAK

HaiBunda is a digital platform focused on providing information and services to Indonesian parents, pregnant women, breastfeeding women, and mothers. Based on industrial practice activities at HaiBunda, the author compiled a final project with the aim of optimizing visuals in HaiBunda's video on demand (VOD) in order to increase engagement views. The author uses Kotler and Keller's (2016) video theory. The writing method used is descriptive with data collection techniques through literature studies and observations. In the discussion, the author carried out the first process (pre-production stage), namely receiving the video script and searching for stock footage on Envato. In the production stage, the author worked on the video using the CapCut application to compile clips, add graphics, text, and interesting animations. Finally, in the post-production stage, the author uploaded the video to Google Drive for the team to review. Based on these three stages, optimizing visual elements such as selecting relevant visual materials, dynamic editing, and supporting audio quality in video editing techniques has been proven to play an important role in increasing the number of views on the HaiBunda website.
Keywords: Optimization, Video on demand, Visual, Engagement, HaiBunda, editing.

HaiBunda adalah platform digital yang fokus memberikan I nformasi dan layanan kepada orang tua Indonesia, wanita hamil, wanita menyusui, dan ibu. Berdasarkan aktivitas praktik industri di HaiBunda, penulis menyusun tugas akhir dengan tujuan untuk pengoptimalan visual dalam video on demand (VOD) HaiBunda dalam rangka meningkatkan engagement views. Penulis menggunakan teori video Kotler dan Keller (2016). Metode penulisan yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan studi pustaka dan observasi. Pada pembahasan, penulis melakukan proses pertama (tahap praproduksi), yaitu menerima script video dan mencari stock footage di envato. Pada tahap produksi, penulis mengerjakan video menggunakan aplikasi CapCut untuk menyusun klip, menambahkan grafis, teks, animasi yang menarik. Terakhir, pada tahap pascaproduksi, penulis mengunggah video ke Google Drive agar tim dapat meninjaunya. Berdasarkan ketiga tahapan tersebut, pengoptimalan elemen visual seperti pemilihan materi visual yang relevan, penyuntingan dinamis, serta kualitas audio yang mendukung dalam teknik editing video dan terbukti dalam memegang peran penting untuk meningkatkan jumlah tayangan yang ada di website HaiBunda.
Kata Kunci: Pengoptimalisasian, Video on demand, Visual, Engagement, HaiBunda, editing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Ifah Atur Kurniati, M.I.Kom., sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Naldo, M.Si., Sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Optimization, Video on demand, Visual, Engagement, HaiBunda, editing. Optimization, Video on demand, Visual, Engagement, HaiBunda, editing. Optimization, Video on demand, Visual, Engagement, HaiBunda, editing. Pengoptimalisasian, Video on demand, Visual, Engagement, HaiBunda, editing.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Randu Gede Rahadi
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:39
Last Modified: 26 Sep 2025 08:39
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item
View Item