PERAN PRODUSER DALAM PERENCANAAN, PENJADWALAN DAN BUDGETING PROGRAM TELEVISI LIVE SITUASI KOMEDI “BESOK YA!!”

Syahrani, Nabila (2024) PERAN PRODUSER DALAM PERENCANAAN, PENJADWALAN DAN BUDGETING PROGRAM TELEVISI LIVE SITUASI KOMEDI “BESOK YA!!”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERAN PRODUSER DALAM PERENCANAAN, PENJADWALAN DAN BUDGETING PROGRAM TELEVISI LIVE SITUASI KOMEDI “BESOK YA!!”] Text (PERAN PRODUSER DALAM PERENCANAAN, PENJADWALAN DAN BUDGETING PROGRAM TELEVISI LIVE SITUASI KOMEDI “BESOK YA!!”)
LAPORAN TUGAS AKHIR NABILA SYAHRANI REVISI FIX - Copy-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (461kB)

Abstract

Indeks kualitas program siaran televisi Indonesia periode I pada 2021
mengalami penurunan dari 3,21 menjadi 3,09. Meskipun mengalami penurunan,
penonton di Indonesia masih memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap konten
hiburan termasuk program situasi komedi karena sifatnya yang ringan, menghibur,
relevan dengan kehidupan sehari-hari, dan mampu menarik berbagai demografi
penonton. Namun kenyataannya kondisi program situasi komedi di Indonesia saat
ini terjebak dalam pola humor yang klise, satire dan repetitif, sehingga kurang
menarik bagi penonton yang menginginkan konten yang segar dan inovatif. Olehvii
karena itu, program ini dibuat dengan aktor yang mampu berimprovisasi
menciptakan momen-momen lucu yang tidak terduga dan menggabungkan elemen
fisik dalam berakting, seperti slapstick atau gerakan lucu yang dapat menambah
dimensi tambahan dalam untuk menarik minat Masyarakat. Adapun tujuan dari
pembuatan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui peran seorang produser dalam
perencanaan, penjadwalan dan budgeting. Pada pembuatan karya tugas akhir yang
berjudul “Besok Ya!!”, penulis berperan sebagai Produser. Penulis selaku produser
tentunya lebih banyak melakukan tugas dan tanggung jawab pada tahap pra
produksi seperti mendiskusikan ide yang sudah ada bersama tim, mengurus segala
kepentingan administrasi, pengaturan jadwal kegiatan, membuat rancangan budget,
serta mengambil keputusan dalam berbagai aspek yang diperlukan. Kemudian pada
tahap produksi yaitu mengawasi proses produksi yang sedang berlangsung dan
memastikan bahwa kegiatan produksi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Penulis meiliki ide kreatif untuk menghadirkan penonton secara langsung yang
bertujuan juga untuk mencari sponsor. Penulis memiliki tanggung jawab pada
keseluruhan tahap dari mulai pra produksi hingga pasca produksi.

The quality index for Indonesian television broadcast programs for period I in 2021
decreased from 3.21 to 3.09. Despite the decline, audiences in Indonesia still have
a high dependence on entertainment content, including comedy situation programs,
because they are light, entertaining, relevant to everyday life, and able to attract
various audience demographics. However, in reality, the current condition of
comedy situation programs in Indonesia is trapped in a pattern of cliché, satire and
repetitive humor, making it less attractive to audiences who want fresh and
innovative content. Therefore, this program is made with actors who are able to
improvise to create unexpected funny moments and combine physical elements in
acting, such as slapstick or funny movements which can add an additional
dimension to attract public interest. The purpose of making this scientific work is
to find out the role of a producer in planning, scheduling and budgeting. In making
the final assignment work entitled "Tomorrow Yes!!", the author acted as Producer.
Writers as producers of course carry out more duties and responsibilities at the preproduction stage, such as discussing existing ideas with the team, taking care of all
administrative matters, setting activity schedules, creating budget plans, and
making decisions on various necessary aspects. Then at the production stage,
namely supervising the ongoing production process and ensuring that production
activities are in accordance with the predetermined schedule. The author has a
creative idea to present the audience directly with the aim of also finding sponsors.
The writer has responsibility for all stages from pre-production to post-production.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Putri Surya Cempaka, S.Hum., M.Si. selaku dosen pembimbing I ; 2. Donny Achmad F., M.Ikom selaku dosen pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Situasi Komedi, Drama Televisi, Produser, Sponsor, Comedy Situation, Television Drama, Producer
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 19 Feb 2025 07:15
Last Modified: 19 Feb 2025 07:15
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item
View Item