PEMBUATAN DESAIN LOGO DAN TEMPLATE BARBERAND MENGGUNAKAN PENDEKATAN RESEARCH & DEVELOPMENT MODEL

Rizky Pratama, Naufal (2025) PEMBUATAN DESAIN LOGO DAN TEMPLATE BARBERAND MENGGUNAKAN PENDEKATAN RESEARCH & DEVELOPMENT MODEL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN DESAIN LOGO DAN TEMPLATE BARBERAND MENGGUNAKAN PENDEKATAN RESEARCH & DEVELOPMENT MODEL] Text (PEMBUATAN DESAIN LOGO DAN TEMPLATE BARBERAND MENGGUNAKAN PENDEKATAN RESEARCH & DEVELOPMENT MODEL)
REPO - PEMBUATAN DESAIN LOGO DAN TEMPLATE BARBERAND MENGGUNAKAN PENDEKATAN RESEARCH & DEVELOPMENT MODEL_Naufal RizkY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Barberand, a barbershop in Depok, does not have a consistent logo and Instagram content to represent their brand identity and the visuals of Barberand's old logo and template are still simple. This research aims to create a visual design of the logo and Instagram template that reflects a modern and stylish brand image. The method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model which includes the stages of Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Data was obtained through observation, interviews, and literature studies. The results of the research are in the form of a round logo with a gold scissors symbol and a black and white color palette, as well as a minimalist Instagram content template design that is in line with the brand character. The design results are considered successful in strengthening Barberand's visual identity and show that the R&D method is effectively applied in the visual communication design process.

Barberand, sebuah barbershop di Depok, belum memiliki logo dan konten Instagram yang konsisten untuk merepresentasikan brand identity mereka dan Visual dari logo dan template Barberand yang lama masih dibuat secara sederhana. Penelitian ini bertujuan membuat desain visual logo dan template Instagram yang mencerminkan citra brand yang modern dan stylish. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahapan Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian berupa logo berbentuk bulat dengan simbol gunting emas dan palet warna hitam, putih, serta desain template konten Instagram yang minimalis dan selaras dengan karakter brand. Hasil desain dinilai berhasil memperkuat identitas visual Barberand dan menunjukkan bahwa metode R&D efektif diterapkan dalam proses perancangan desain komunikasi visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Zaenab, S.S., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing I; Naldo, M.Si., sebagai Dosen Pembimbing II;
Uncontrolled Keywords: Desain Visual, Logo, Template Instagram, Identitas Merk, Modern, Stylish, R&D Model, ADDIE.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Naufal Rizky Pratama
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:16
Last Modified: 20 Aug 2025 03:16
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item
View Item