Divanda Maulidian, Muhammad (2025) PERANCANGAN BUKU MEDIA INFOGRAFIK EDUKATIF SEBAGAI PENCEGAHAN PERUNDUNGAN SISWA DI SMA AL-FITYAN SCHOOL MEDAN. Diploma thesis, politeknik media kreatif PSDKU Medan.
![PERANCANGAN BUKU MEDIA INFOGRAFIK EDUKATIF SEBAGAI PENCEGAHAN PERUNDUNGAN SISWA DI SMA AL-FITYAN SCHOOL MEDAN [thumbnail of PERANCANGAN BUKU MEDIA INFOGRAFIK EDUKATIF SEBAGAI PENCEGAHAN PERUNDUNGAN SISWA DI SMA AL-FITYAN SCHOOL MEDAN]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
preleminary PERANCANGAN BUKU MEDIA INFOGRAFIK EDUKATIF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (614kB)
Abstract
ABSTRACT
Bullying is a social issue that commonly occurs in educational settings and has a
detrimental effect on students' academic achievement, emotions, and psychological
health. Students and teachers sometimes ignore such detrimental activities because
they are unaware of the types of bullying and its repercussions. In order to reduce
bullying at the high school level, this project intends to create an instructional
infographic book that is interesting, educational, and simple to read. As the main
technique, the design approach is bolstered by data gathering via literature review,
interviews, and observation. The end product is a visual medium that uses clear
language and engaging pictures to deliver information. It is anticipated that this
will increase awareness and help create a school atmosphere that is safer, more
compassionate, and free from bullying.
ABSTRAK
Perundungan, juga dikenal sebagai bullying, adalah masalah sosial yang sering
terjadi di sekolah dan berdampak negatif terhadap kondisi psikologis, emosional,
dan prestasi akademik siswa. Siswa dan guru seringkali tidak menyadari tindakan
perundungan di sekitar mereka karena tidak memahami bentuk dan efek
perundungan. Akibatnya, penelitian ini bertujuan untuk membuat buku media
infografik edukatif yang menarik, informatif, dan mudah dipahami untuk
membantu mencegah perundungan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode
desain grafis digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi,
dan penelitian literatur. Sebagai hasil dari perancangan ini, media visual yang
menyampaikan informasi melalui ilustrasi komunikatif dan teks singkat diharapkan
dapat meningkatkan kesadaran siswa dan mendorong pembentukan lingkungan
sekolah yang aman, penuh empati, dan bebas dari tindakan perundungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Syafriandi, S.Pd., M.Sn, sebagai Dosen Pembimbing 1; 2. Komda Saharja, S.Kom, M.Pd, sebagai Dosen Pembimbing 2; |
Uncontrolled Keywords: | Graphic Design, Design Elements, Anti-Bullying,D esain grafis, Unsur Desain, Edukasi Anti Perundungan |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 177 Etika hubungan sosial 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 179 Norma etika lainnya 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan |
Depositing User: | Muhammad Divanda Maulidian |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 01:37 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 01:37 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2903 |