Al-Aziz, Zaghlull Farid (2025) PENERAPAN RITME EDITING DALAM MEMBANGUN STRUKTUR DRAMATIK FILM PENDEK "MEJA YANG TAK PERNAH SEPI". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENERAPAN RITME EDITING DALAM MEMBANGUN STRUKTUR DRAMATIK FILM PENDEK "MEJA YANG TAK PERNAH SEPI" [thumbnail of PENERAPAN RITME EDITING DALAM MEMBANGUN STRUKTUR DRAMATIK FILM PENDEK "MEJA YANG TAK PERNAH SEPI"]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TA ZAGHLUL FARID AL-AZIZ.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Short films require concise storytelling and emotional delivery, which means each cinematic element must function effectively including editing. This study explores the use of external rhythm in the editing process of the short film “Meja yang Tak Pernah Sepi” as a strategy to build dramatic structure. The story focuses on the emotional conflict between a father and his son, with the editor constructing rhythm through shot duration, pacing, and emotional phases to create a coherent dramatic flow. Karen Pearlman’s concept of cutting rhythm serves as the foundation for developing both visual and emotional dynamics. The result shows that editing rhythm influences audience emotional engagement and strengthens the narrative within the short film format. Through both systematic and intuitive approaches, editing functions not only as a visual arrangement but also as a dramaturgical tool to convey tension and emotion effectively. This study demonstrates the importance of external rhythm in constructing dramatic impact in short films.
Film pendek menuntut penyampaian cerita dan emosi secara padat, sehingga setiap elemen sinematik harus berfungsi optimal termasuk editing. Penelitian ini membahas penerapan ritme eksternal dalam proses penyuntingan film pendek “Meja yang Tak Pernah Sepi” sebagai strategi membangun struktur dramatik. Dengan latar cerita yang mengangkat konflik emosional antara ayah dan anak, editor berupaya mengolah ritme melalui tempo potongan, durasi shot, dan fase emosional untuk membentuk kesinambungan dramatik yang intens. Teori dari Karen Pearlman mengenai cutting rhythm menjadi dasar dalam membangun dinamika visual dan emosional. Hasil penciptaan menunjukkan bahwa ritme editing dapat memengaruhi keterlibatan emosional penonton serta memperkuat narasi dalam batas durasi film pendek. Melalui pendekatan sistematis dan intuitif, penyuntingan tidak hanya menyusun alur visual tetapi juga menjadi instrumen dramaturgi untuk menyampaikan konflik dan emosi secara efektif. Penelitian ini membuktikan pentingnya ritme eksternal sebagai konstruksi dramatik dalam film pendek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Aan Nursyam, M.Sn., sebagai dosen pembimbing I 2. Dewi Alibasah S.Sn., sebagai dosen pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Short film, external rhythm, editing, dramatic structure, audience emotion, Film pendek, ritme eksternal, editing, struktur dramatik, emosi penonton |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Produksi Film dan TV |
Depositing User: | Zaghlul Farid Al-Aziz |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 08:18 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 08:18 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2905 |