PERENCANAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @GRADISANDCO OLEH KARUNA KREATIV UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025

Hasna Mardiyah, Umi (2025) PERENCANAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @GRADISANDCO OLEH KARUNA KREATIV UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERENCANAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @GRADISANDCO OLEH KARUNA KREATIV UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025] Text (PERENCANAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @GRADISANDCO OLEH KARUNA KREATIV UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS PERIODE FEBRUARI-APRIL 2025)
TA_Umi Hasna Mardiyah_2270404118_Rev Sidang-1-13.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (869kB)

Abstract

Social media, especially Instagram, is now a strategic space for businesses to build awareness and connect with audiences on a more personal level. Gradis & Co, a coffee and eatery that was just established in late 2024, utilizes Instagram as a means of digital promotion. However, as a new brand, the @gradisandco account faces challenges in terms of content consistency, communication strategy, and low audience reach and interaction numbers. The writing of this final project aims to design an effective content plan (editorial plan) in building audience awareness through the Instagram platform. In this process, the author applies STP analysis and the AISAS model as a strategic approach to develop content that suits the character and behavior of the target audience. Through the editorial plan that has been created and executed, @gradisandco Instagram account shows a significant increase in terms of reach, impression, and follower growth. These results show that good content planning, coupled with the right distribution strategy, can have a positive impact in building new brand awareness on social media.
Keywords: Instagram, Content Planning, Audience Awareness, Social Media Marketing, Gradis & Co

Media sosial, khususnya Instagram, kini menjadi ruang strategis bagi pelaku bisnis untuk membangun awareness dan terhubung dengan audience secara lebih personal. Gradis & Co, sebuah coffee and eatery yang baru berdiri pada akhir 2024, memanfaatkan Instagram sebagai sarana promosi digital. Namun, sebagai brand baru, akun @gradisandco menghadapi tantangan dalam hal konsistensi publikasi konten, strategi komunikasi, serta rendahnya angka jangkauan dan interaksi audience. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk merancang perencanaan konten (editorial plan) yang efektif dalam membangun kesadaran audiens melalui platform Instagram. Dalam proses ini, penulis menerapkan analisis STP dan model AISAS sebagai pendekatan strategis untuk menyusun konten yang sesuai dengan karakter dan perilaku target audience. Melalui editorial plan yang telah dibuat dan dieksekusi, akun Instagram @gradisandco menunjukkan peningkatan yang signifikan dari sisi reach, impression, dan pertumbuhan followers. Hasil ini menunjukkan bahwa perencanaan konten yang baik, ditambah dengan strategi publikasi yang tepat, mampu memberikan dampak positif dalam membangun awareness audience terhadap Gradis & Co di media sosial.
Kata Kunci: Instagram, Perencanaan Konten, Kesadaran Audiens, Pemasaran Media Sosial, Gradis & Co

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sartika Ekadyasa, S.Kom., M.I.Kom., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Seno Pramuadji, sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Instagram, Content Planning, Audience Awareness, Social Media Marketing, Gradis & Co Instagram, Perencanaan Konten, Kesadaran Audiens, Pemasaran Media Sosial, Gradis & Co
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Umi Hasna Mardiyah
Date Deposited: 20 Aug 2025 02:20
Last Modified: 20 Aug 2025 02:20
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2911

Actions (login required)

View Item
View Item