Hasibuan, Muhammad Mirza (2025) PEMBUATAN DESAIN VISUAL KONTEN BERITA DAN HIBURAN BERBASIS PRINSIP VISUAL HIERARCHY UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA INSTAGRAM @intoday.media. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN DESAIN VISUAL KONTEN BERITA DAN HIBURAN BERBASIS PRINSIP VISUAL HIERARCHY UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA INSTAGRAM @intoday.media [thumbnail of PEMBUATAN DESAIN VISUAL KONTEN BERITA DAN HIBURAN BERBASIS PRINSIP VISUAL HIERARCHY UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA INSTAGRAM @intoday.media]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TA_Muhammad Mirza Hasibuan_2270404070 Repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Tugas Akhir ini membahas proses pembuatan desain visual konten berita dan hiburan berbasis prinsip visual hierarchy sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness pada akun Instagram @intoday.media. Di era digital saat ini, media sosial berperan penting dalam menyampaikan informasi secara cepat, menarik, dan efektif. Namun, banyak konten yang tidak mampu menarik perhatian audiens karena desain yang kurang komunikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning) untuk mengarahkan desain konten agar sesuai dengan karakteristik audiens target. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa penerapan elemen visual hierarchy seperti warna biru dominan, tipografi, serta tata letak yang konsisten dan rapi mampu meningkatkan jumlah tayangan, komentar, dan kunjungan profil secara signifikan. Penerapan desain visual yang tepat terbukti tidak hanya memperindah tampilan, tetapi juga memperkuat penyampaian pesan. Oleh karena itu, visual hierarchy dapat menjadi pendekatan desain yang efektif untuk memperkuat identitas dan citra brand di media sosial.
This Final Project explores the design process of visual content for news and entertainment using the principles of visual hierarchy as a strategy to enhance brand awareness on the Instagram account @intoday.media. In today’s digital era, social media plays a crucial role in delivering information effectively and engagingly. However, many contents fail to capture the audience's attention due to poor visual communication. This project applies the STP strategy (Segmenting, Targeting, Positioning) to align content design with the target audience's characteristics. Data collection methods include observation, interviews, literature review, and documentation. The results show that implementing visual hierarchy elements such as a dominant blue color, typography, and consistent, well-structured layouts significantly increases the number of views, comments, and profile visits. Proper visual design not only enhances aesthetic appeal but also strengthens message delivery. Therefore, visual hierarchy serves as an effective design approach to build strong brand identity and recognition on social media platforms.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. R. Sulistiyo Wibowo, S.Sn.,M.Sn., selaku Dosen Pembimbing I; 2. Rizki Akbar Mustopa, S.Pd., Gr., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Desain Visual, Visual Hierarchy, Instagram, Brand Awareness, Strategi STP, Media Sosial Visual Design, Visual Hierarchy, Instagram, Brand Awareness, STP Strategy, Social Media |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Muhammad Mirza Hasibuan |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 03:33 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 03:33 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2929 |