NEGORO, LAKSAMANA ADY (2024) PERANCANGAN REBRANDING DESAIN VISUAL UMKM “AYAM GEPREK NGAPAK” UNTUK MENINGKATKAN VALUE BRAND IMAGE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN REBRANDING DESAIN VISUAL UMKM “AYAM GEPREK NGAPAK” UNTUK MENINGKATKAN VALUE BRAND IMAGE [thumbnail of PERANCANGAN REBRANDING DESAIN VISUAL UMKM “AYAM GEPREK NGAPAK” UNTUK MENINGKATKAN VALUE BRAND IMAGE]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2024_E_01_LAKSAMANA ADY NEGORO_Laporan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (952kB)
Abstract
One of the visual elements that plays an important role so that consumers can identify a
brand is a logo. A strong and consistent brand identity plays an important role in every brand
development in modern market trends. The research method is carried out qualitatively by
conducting direct observation by analyzing the visual identity of the logo, packaging, menu
catalog, color, typography and other visual elements in the Ayam Geprek Ngapak UMKM brand.
as well as conducting interviews directly with business owners related to the goals and
expectations after rebranding the visual identity. The objectives and benefits in designing this
visual identity rebranding are to improve brand image and build brand awareness among
consumers so that the public recognizes the existence of the brand. And it is hoped that MSMEs
will be able to compete and continue to grow significantly after updating this visual identity. With
the right and effective visual design rebranding of Ayam Geprek Ngapak MSMEs, this will add
value to the brand and make a characteristic or differentiator from one brand to another. It is also
expected that with a strong and consistent visual design renewal, Ayam Geprek Ngapak MSME is
expected to strengthen its position in the market and achieve the objectives of the identity renewal.
Salah satu elemen visual yang memegang peranan penting agar konsumen dapat
mengidentifikasi sebuah brand adalah logo. Identitas brand yang kuat dan konsisten memegang
peranan penting dalam setiap perkembangan brand pada tren pasar modern. Metode penelitian
yang dilakukan secara kualitatif dengan melakukan observasi secara langsung dengan
menganalisis identitas visual dari logo, kemasan, katalog menu, warna, tipografi dan elemen visual
lain pada brand UMKM Ayam Geprek Ngapak. serta melakukan wawancara secara langsung
dengan pemilik usaha terkait dengan tujuan serta harapan setelah dilakukannya rebranding
identitas visual. Tujuan dan manfaat dalam perancangan rebranding identitas visual ini untuk
meningkatkan citra merek dan membangun brand awareness pada konsumen agar diakui
masyarakat keberadaan dari brand tersebut. Serta diharapkan agar UMKM mampu bersaing dan
terus berkembang yang signifikan setelah melakukan pembaharuan identitas visual ini. Dengan
rebranding desain visual yang tepat dan efektif pada UMKM Ayam Geprek Ngapak, hal ini akan
memberikan nilai tambah pada brand serta menjadikan sebuah karakteristik atau pembeda dari
vii
satu brand dengan brand yang lain. Hal ini juga diharapkan dengan pembaharuan desain visual
yang kuat dan konsisten, UMKM Ayam Geprek Ngapak diharapkan dapat memperkuat posisinya
dipasar dan mencapai tujuan dari pembaharuan identitas tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Drs. Hari Purnomo, M.Sn. ; 2. Ifah Athur Kurniawati, M.I.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Rebranding, MSMEs, value brand, logo, visual identity, Rebranding, UMKM, value brand, logo, identitas visual |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 04:07 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 04:07 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/294 |