PENGELOLAAN KEY OPINION LEADER DALAM EVENT MENDADAK DURIAN FESTIVAL UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS PRODUK BARU INDOMILK KENTAL MANIS DURIAN MUSANG KING TAHUN 2025

Azzahra Kusuma, Elfara (2025) PENGELOLAAN KEY OPINION LEADER DALAM EVENT MENDADAK DURIAN FESTIVAL UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS PRODUK BARU INDOMILK KENTAL MANIS DURIAN MUSANG KING TAHUN 2025. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of repository elfara fix_2270404029.pdf] Text
repository elfara fix_2270404029.pdf

Download (730kB)

Abstract

Peluncuran produk baru Indomilk Kental Manis Durian Musang King memiliki tantangan yang besar dalam mengingkatan awareness karena rasanya yang unik dan niche. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan KOL (key opinion leader) dalam offline event mendadak durian festival untuk meningkatan awareness produk Baru Indomilk Kental Manis Durian Musang King sebagai media planner. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui hasil observasi secara langsung dalam proses pengelolaan KOL (key opinion leader), studi pustaka yang berkaitan dengan penulisan, STP untuk mengetahui target audiens brand, serta teori impression dan reach yang berhubungan dengan insight KOL (key opinion leader) miliki. Hasil yang didapatkan penelitian ini menunjukan bahwa Pengelolaan KOL melewati 7 tahapan untuk mendapatkan hasil yang baik dan efektif, selain itu Produk Baru Indomilk Kental Manis Durian Musang King terjadi kenaikan awareness yang dapat dilihat pada hasil performence konten KOL (key opinion leader). Serta KPI (key performance indicator) menjadi aspek utama dalam mengukur berhasilnya kenaikan awareness.

The launch of the new product Indomilk Kental Manis Durian Musang King faces a significant challenge in increasing awareness due to its unique and niche flavor. This writing aims to understand how the management of KOL (key opinion leader) in the sudden offline event Mendadak Durian Festival can enhance awareness of the new product Indomilk Kental Manis Durian Musang King as a media planner. This writing uses a descriptive qualitative method thru direct observation results in the process of managing KOL (key opinion leader), literature study related to the writing, STP to determine the brand's target audience, as well as impression and reach theories related to the insights held by KOL (key opinion leader). The results obtained from this research indicate that KOL management goes thru 7 steps to achieve good and effective results. Additionally, the new product Indomilk Kental Manis Durian Musang King saw an increase in awareness, which can be observed in the performance results of the KOL content. And the KPI (key performance indicator) becomes the main aspect in measuring the success of the increase in awareness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Rizky Kertanegara S.S, M.Si Dosen Pembimbing 1 Tugas Akhir Firda Nida Fauziah, S.I,Kom, Dosen Pembimbing 2 Tugas Akhir
Uncontrolled Keywords: key opinion leader, awareness, event, social media key opinion leader, awareness, event, sosial media
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Elfara Azzahra Kusuma
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:22
Last Modified: 24 Sep 2025 07:22
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2951

Actions (login required)

View Item
View Item