Julianti Putri, Ellena (2025) PERANCANGAN KONTEN KREATIF PADA AKUN TIKTOK @official.jmmetropolitan JASAMARGA METROPOLITAN TOLLROAD REGIONAL DIVISION UNTUK PENYAMPAIAN INFORMASI YANG EFEKTIF. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Perancangan Konten Kreatif Pada Akun TikTok @Official.jmmetropolitan Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Untuk Penyampaian Informasi Yang Efektif [thumbnail of Perancangan Konten Kreatif Pada Akun TikTok @Official.jmmetropolitan Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Untuk Penyampaian Informasi Yang Efektif]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tugas Akhir_Ellena Julianti Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (707kB)
Abstract
ABSTRACT
The rapid development of social media requires government agencies and corporations to adjust their communication strategies, one of which is through the utilization of the TikTok platform. Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division through its TikTok account @official.jmmetropolitan faces two main obstacles, namely content that is too formal and information delivery that is less than optimal. This final project aims to design creative content on the TikTok account so that information dissemination is more effective. The final project is carried out through observation and literature study by applying communication theory, creative content, TikTok, and content effectiveness. The analysis used STP, SWOT, and AIDA methods to design a targeted strategy. The results show that content that is tailored to the characteristics of TikTok users and developed creatively can increase the effectiveness of information delivery.
Keywords: TikTok, creative content, Jasamarga Metropolitan Tollroad, information delivery effectiveness, STP, SWOT, AIDA.
ABSTRAK
Perkembangan cepat media sosial menuntut instansi pemerintah dan korporasi menyesuaikan strategi komunikasi mereka, salah satunya melalui pemanfaatan platform TikTok. Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division melalui akun TikTok @official.jmmetropolitan menghadapi dua kendala utama, yaitu konten yang terlalu formal dan penyampaian informasi yang kurang optimal. Tugas akhir ini bertujuan merancang konten kreatif pada akun TikTok tersebut agar penyebaran informasi lebih efektif. Tugas akhir dilakukan dengan observasi dan studi pustaka dengan menerapkan teori komunikasi, konten kreatif, TikTok, serta efektivitas konten. Analisis menggunakan metode STP, SWOT, dan AIDA untuk merancang strategi yang tepat sasaran. Hasil menunjukkan bahwa konten yang disesuaikan dengan karakteristik pengguna TikTok dan dikembangkan secara kreatif mampu meningkatkan efektivitas penyampaian informasi
Kata kunci: TikTok, konten kreatif, Jasamarga Metropolitan Tollroad, efektivitas penyampaian informasi, STP, SWOT, AIDA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Tipri Rose Kartika, SE., M.M., sebagai Dosen Pembimbing I 2.Khoirun Nisa, S.Pd., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: TikTok, creative content, Jasamarga Metropolitan Tollroad, information delivery effectiveness, STP, SWOT, AIDA. Kata kunci: TikTok, konten kreatif, Jasamarga Metropolitan Tollroad, efektivitas penyampaian informasi, STP, SWOT, AIDA. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Ellena Julianti Putri |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 08:21 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2971 |