Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Rumah Adat Sumatera Utara Di TK Pembina 1 Medan

Nainggolan, Yuliana Mona Krisdiana (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Rumah Adat Sumatera Utara Di TK Pembina 1 Medan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Rumah Adat Sumatera Utara  Di TK Pembina 1 Medan] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Rumah Adat Sumatera Utara Di TK Pembina 1 Medan)
TA Yuliana Mona Krisdiana Nainggolan 2290473080 Multimedia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) sebagai sarana pengenalan rumah adat Sumatera Utara kepada anak-anak di TK Pembina 1 Medan. Proyek ini merupakan bagian dari tugas akhir yang dirancang untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap budaya lokal sejak usia dini. Teknologi AR memungkinkan penggabungan objek digital dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata secara real-time, menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna. Penelitian ini menggunakan metode pelaksanaan yang mencakup tahap pra-produksi, produksi, hingga pascaproduksi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi AR mampu meningkatkan pengetahuan siswa terhadap rumah adat serta memberikan motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan metode konvensional. Media ini dinilai efektif dan layak untuk diterapkan di lingkungan pendidikan anak usia dini, terutama dalam memperkenalkan warisan budaya lokal secara interaktif dan menyenangkan.

This research aims to develop interactive learning media based on Augmented Reality (AR) as a means of introducing traditional houses of North Sumatra to children at Pembina 1 Kindergarten Medan. This project is part of a final assignment designed to increase students' interest and understanding of local culture from an early age. AR technology allows the integration of two-dimensional and three-dimensional digital objects into real environments in real-time, creating a more engaging and meaningful learning experience. This research uses an implementation method that includes pre-production, production, and post-production stages. The test results show that the AR application is able to increase students' knowledge of traditional houses and provide higher learning motivation compared to conventional methods. This media is considered effective and suitable for implementation in early childhood education environments, especially in introducing local cultural heritage in an interactive and enjoyable manner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Suhendra, S.T., M.KOM Sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Sudirman, S.KOM., M.KOM Sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Rumah Adat, PAUD. Augmented Reality, Traditional House, PAUD.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan
Depositing User: Yuliana Mona Krisdiana Nainggolan
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:29
Last Modified: 21 Aug 2025 03:29
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2976

Actions (login required)

View Item
View Item