Ramadan, Frandika (2025) PEMBUATAN DESAIN VISUAL KONTEN INSTAGRAM @HANANIAFEST DALAM PENYELENGGARAAN EVENT HANANIAFEST TAHUN 2025. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN DESAIN VISUAL KONTEN INSTAGRAM @HANANIAFEST DALAM PENYELENGGARAAN EVENT HANANIAFEST TAHUN 2025 [thumbnail of PEMBUATAN DESAIN VISUAL KONTEN INSTAGRAM @HANANIAFEST DALAM PENYELENGGARAAN EVENT HANANIAFEST TAHUN 2025]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PEMBUATAN DESAIN VISUAL KONTEN INSTAGRAM @HANANIAFEST DALAM PENYELENGGARAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (951kB)
Abstract
Instagram as a visual-based social media has great potential in building audience awareness of an event. However, the @Hananiafest account which was just formed in early 2025 experienced obstacles in building awareness due to limited content and less than optimal visual strategies. Hanania Fest 2025 is a Hanania Group alumni reunion event with a festival concept targeting the millennial generation. In an effort to support the promotion of this event, the author designed and implemented visual design of Instagram content using the DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) approach. The author acts as a graphic designer who produces various content formats such as feeds, carousels, stories, reels, and highlights. In the design process, the author applies design elements and principles, color theory, typography, and the AISAS communication model to attract audience attention and engagement. The results show a significant increase in Instagram account insights such as growth in the number of followers, increase in likes, comments, and content reach. This increase shows that the right visual design strategy can effectively increase audience awareness. This final project is expected to be a reference in developing visual event content on social media.
Keywords: Visual design, Instagram, Awareness, Social media
Instagram sebagai media sosial berbasis visual memiliki potensi besar dalam membangun awareness audiens terhadap suatu event. Namun, akun @Hananiafest yang baru dibentuk pada awal tahun 2025 mengalami kendala dalam membangun awareness karena keterbatasan konten dan strategi visual yang kurang optimal. Hanania Fest 2025 merupakan acara reuni alumni Hanania Group dengan konsep festival yang menyasar generasi milenial. Dalam upaya mendukung promosi acara ini, penulis merancang dan mengimplementasikan desain visual konten Instagram dengan menggunakan pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Penulis berperan sebagai desainer grafis yang memproduksi berbagai format konten seperti feed, carousel, story, reels, dan highlight. Dalam proses perancangannya, penulis menerapkan elemen dan prinsip desain, teori warna, tipografi, serta model komunikasi AISAS untuk menarik perhatian dan keterlibatan audiens. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada insight akun Instagram seperti pertumbuhan jumlah followers, peningkatan likes, komentar, serta jangkauan konten. Peningkatan ini menunjukkan bahwa strategi desain visual yang tepat dapat secara efektif meningkatkan awareness audiens. Tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan konten visual event di media sosial.
Kata Kunci: Desain visual, Instagram, Awareness, Media Sosial
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sartika Ekadyasa, S. Kom., M.I.Kom., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Mohammad Nur, S. Kom., MM., sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Visual design, Instagram, Awareness, Social media Desain visual, Instagram, Awareness, Media Sosial |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Frandika Ramadan |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:28 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 02:28 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2995 |