PENGELOLAAN INFLUENCER TIKTOK SKINTIFIC UNTUK EVENT SURABAYA x BEAUTY DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT OLEH TUJU7 KREATIF PADA TAHUN 2025

Zachrah, Anita (2025) PENGELOLAAN INFLUENCER TIKTOK SKINTIFIC UNTUK EVENT SURABAYA x BEAUTY DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT OLEH TUJU7 KREATIF PADA TAHUN 2025. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Test Pengisian Repository] Text (Test Pengisian Repository)
Tugas Akhir Anita Zachrah (L).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (610kB)

Abstract

This study discusses the strategy and outcomes of influencer management during the Event Skintific at Surabaya x Beauty 2025. Skintific collaborated with the agency Tuju7 Kreatif in selecting and managing Key Opinion Leaders (KOLs)/influencer that aligned with the brand’s criteria, including beauty, couple, and lifestyle content. Out of 16 influencer candidates, two influencer were selected based on their persona, view counts, and high engagement rates. The influencer management process involved three stages: pre-production, production, and post-production, which included negotiation, content creation, and performance analysis. The results of this influencer management showed a positive outcome, achieving up to 2.6 million views and high engagement, significantly increasing audience interest in the Skintific booth throughout the event. These findings highlight that a well-planned strategy in selecting and managing influencers can effectively enhance brand promotion during offline events.
Keywords: Event Skintific at Surabaya x Beauty 2025, Influencer & KOL Management, Social Media TikTok.

Penelitian ini membahas strategi dan hasil pengelolaan influencer pada Event Skintific at Surabaya x Beauty 2025. Skintific berkolaborasi juga dengan agency dari Tuju7 Kreatif dalam pemilihan dan mengelola Key Opinion Leader (KOL)/influencer yang sesuai dengan kriteria brand, seperti konten beauty, couple, dan juga lifestyle. Melalui 16 kandidat influencer, terpilih 2 influencer yang dinilai memiliki persona, views, dan engagement rate yang tinggi. Pada proses pengelolaan influencer, terdapat tahap pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi, yang termasuk dalam proses negosiasi, pembuatan konten, dan analisis hasil. Melalui pengelolaan influencer ini menunjukkan performa yang positif, melalui pencapaian views hingga 2,6 juta dan engagement yang tinggi, secara signifikan mendorong antusiasme audiens terhadap booth Skintific selama event berlangsung. Hasil dari temuan ini menunjukan bahwa strategi dalam pemilihan dan pengelolaan influencer yang tepat dapat meningkatkan efektivitas promosi brand dalam event offline.
Kata Kunci : Event Skintific at Surabaya x Beauty 2025, Pengelolaan Influencer,Sosial Media TikTok

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rizky Kertanegara, S.S., M.Si, Sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Seno Pramuadji, Sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Keywords: Event Skintific at Surabaya x Beauty 2025, Influencer & KOL Management, Social Media TikTok.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Anita Zachrah
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:41
Last Modified: 21 Aug 2025 03:41
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3014

Actions (login required)

View Item
View Item