Daffa, Muhammad (2025) Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Morrissey. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.
![Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Morrissey [thumbnail of Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Morrissey]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Muhammad Daffa - 21700032. FIXX.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (715kB)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan jumlah tamu menginap di hotel Morrissey yang diduga disebabkan oleh menurunnya aktivitas promosi melalui media sosial Instagram. Dalam era digital, instagram menjadi alat pemasaran yang efektif dalam mempengaruhi persepsi dan keputusan konsumen terhadap suatu produk atau jasa, termasuk layanan hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial instagram terhadap keputusan menginap tamu di hotel Morrissey. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metoden pengumpulan data berbasis kuesioner sebanyak 100 orang dengan kriteria tamu yang menginap di hotel Morrissey dan aktif menggunakan instagram. Dan menggunakan teknik asumsi klasik, regresi linear sederhana, uji hipotesis, koefisien determinasi dan koefisien korelasi menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh ada nya pengaruh media sosial instagram terhadap keputusan menginap tamu dengan thitung > ttabel (12.435 > 1984), serta nilai adjusted R² sebesar 61,2% dan sisanya 38,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Dan hasil korelasi antara dua variabel sebesar 0,782 yang mencerminkan hubungan kuat. Dengan demikian, semakin aktif dan strategis hotel Morrissey dalam memanfaatkan instagram, maka semakin besar tamu akan memilih untuk menginap di hotel tersebut.
Abstract
This research is motivated by the decline in the number of guests staying at Morrissey hotel which is thought to be caused by the decline in promotional activities through Instagram social media. In the digital era, Instagram is an effective marketing tool in influencing consumer perceptions and decisions about a product or service, including hotel services. This study aims to determine how the influence of Instagram social media on guest stay decisions at Morrissey hotels. By using a descriptive quantitative approach and a questionnaire-based data collection method of 100 people with the criteria of guests staying at Morrissey hotel and actively using Instagram. And using classical assumption techniques, simple linear regression, hypothesis testing, coefficient of determination and correlation coefficient using SPSS. Based on the results of this study, it is obtained that there is an influence of social media instagram on guest stay decisions with tcount> ttable (12.435> 1984), as well as an adjusted R² value of 61.2% and the remaining 38.8% is influenced by variables not examined. And the correlation between the two variables is 0.782 which reflects a strong relationship. Thus, the more active and strategic the Morrissey hotel is in utilizing Instagram, the more guests will choose to stay at the hotel.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Lu'luwatin Rosdiana Aprilia, S.Pd., M.M.Par., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Fristi Bellia Annishia, S.KM., M.Par., M.M. sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Instagram Social Media, Staying Decision, Morrissey Hotel, Media Sosial Instagram, Keputusan Menginap, Hotel Morrissey |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 647 Manajemen rumah tangga publik (rumah tangga kelembagaan) |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
Depositing User: | Muhammad Daffa |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 01:18 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 01:18 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3116 |