Fauzan, Muhammad (2025) PERANCANGAN MOTION GRAPHIC UNTUK KEBUTUHAN MEDIA PROMOSI SMA KARTIKA VIII-1 JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN MOTION GRAPHIC UNTUK KEBUTUHAN MEDIA PROMOSI SMA KARTIKA VIII-1 JAKARTA [thumbnail of PERANCANGAN MOTION GRAPHIC UNTUK KEBUTUHAN MEDIA PROMOSI SMA KARTIKA VIII-1 JAKARTA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2025_E_19_MUHAMMAD FAUZAN_Laporan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (793kB)
Abstract
SMA Kartika VIII-1 Jakarta adalah sebuah sekolah menengah atas yang telah berdiri sejak 1989 dibawah naungan YAYASAN KARTIKA JAYA Koordinator 4 YONZIKON 13 DITZIAD. Meski telah lama berdiri, SMA Kartika VIII-1 Jakarta mash terpaku menggunakan media promosi dalam bentuk cetak yaitu brosur, flyer beserta lainnya, dan juga hanya menggunakan konten sosial media yang bersifat statis. Kedua hal itu menyebabkan daya tarik visual menjadi lemah, informasi milik sekolah tidak tersampaikan secara menarik dan efektif. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan motion graphic untuk kebutuhan media promosi yang dinamis dengan tujuan mengoptimalkan daya tarik visual dan menyampaikan informasi tentang sekolah dengan cara yang lebih menarik, efektif serta mudah dipahami oleh target audiens. Perancangan ini menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka untuk menyesuaikan kebutuhan dari SMA Kartika VIII-1. Keberadaan motion graphic dapat menunjukkan peningkatan dalam penyampaian informasi sekolah yang lebih menarik dan efektif secara visual. Konten yang disajikan menjadi lebih hidup dan mampu membangun keterlibatan emosional dengan audiens.
Kata kunci : Motion Graphic, Media Promosi, SMA Kartika VIII-1 Jakarta.
SMA Kartika VIII-1 Jakarta is a high school that has been established since 1989 under the auspices of the KARTIKA JAYA FOUNDATION Coordinator 4 YONZIKON 13 DITZIAD. Despite its long standing, SMA Kartika VIII-1 Jakarta is still fixated on using printed promotional media, namely brochures, flyers and others, and also only using static social media content. Both of these things cause visual appeal to be weak, school information is not conveyed in an interesting and effective manner. To overcome this problem, motion graphics are needed for dynamic promotional media needs with the aim of optimizing visual appeal and conveying information about the school in a more interesting, effective and easily understood way by the target audience. This design uses observation, interview and literature study methods to suit the needs of SMA Kartika VIII-1. The existence of motion graphics can show an improvement in the delivery of school information that is more interesting and effective visually. The content presented becomes more lively and is able to build emotional engagement with the audience.
Keywords : Motion Graphic, Promotional Media, SMA Kartika VIII-1 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. R. Sulistiyo Wibowo, S.Sn. M.Sn sebagai Dosen Pembimbing I 2. Mohammad Ismed, ST, M.I.Kom sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Motion Graphic, Media Promosi, SMA Kartika VIII-1 Jakarta. Keywords : Motion Graphic, Promotional Media, SMA Kartika VIII-1 Jakarta. |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Muhammad Fauzan |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 02:45 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 02:45 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3173 |