PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF BERTEMA KEBANGSAAN UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME

Mahameru, F A (2025) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF BERTEMA KEBANGSAAN UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF BERTEMA KEBANGSAAN UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME] Text (PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF BERTEMA KEBANGSAAN UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME)
REPOSITORY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (931kB)

Abstract

This project is driven by the effort to foster nationalism among the younger generation in the digital era. National values such as patriotism, respect for heroes, and historical understanding are increasingly marginalized by foreign cultural dominance and rapid technological growth. In response, this final project designs an interactive book with a national theme as an educational medium that is relevant, engaging, and emotionally resonant. Developed in collaboration with the National Resilience Institute of the Republic of Indonesia, the book adopts a modern visual style, light narrative tone, and integrates illustrations with interactive elements. This work is expected to contribute meaningfully to shaping a younger generation that is more aware, proud, and in love with Indonesia’s national identity.

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh upaya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda di era digital. Nilai-nilai kebangsaan seperti cinta tanah air, penghargaan terhadap pahlawan, dan pemahaman sejarah mulai terpinggirkan oleh dominasi budaya asing dan perkembangan teknologi digital. Menanggapi fenomena ini, tugas akhir ini merancang sebuah buku interaktif bertema kebangsaan sebagai media edukatif yang relevan, menarik, dan mampu membangun keterikatan emosional pembaca terhadap nilai-nilai nasionalisme. Buku ini dikembangkan bekerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia dan mengusung pendekatan visual modern, gaya bahasa naratif yang ringan, serta integrasi ilustrasi dan elemen interaktif. Diharapkan, perancangan karya ini dapat membawa kontribusi nyata dalam membentuk generasi muda yang lebih sadar, bangga, dan cinta terhadap jati diri bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Raden Sulistiyo Wibowo, S.Sn., M.Sn, sebagai Dosen Pembimbing 1; 2. Andriyana, S.Pd., M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing 2.
Uncontrolled Keywords: nasionalism, youth generation, interactive book, modern design, national education, nasionalisme, generasi muda, buku interaktif, visual modern, edukasi kebangsaan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Fitrah Adrian Mahameru
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:04
Last Modified: 29 Aug 2025 08:04
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item
View Item