LAPORAN TUGAS AKHIR PERAN PROGRAM DIRECTOR DALAM PENGARAHAN TALENT PADA PROGRAM TALKSHOW “GIRL’S ROOM”

Halim, Abdul (2025) LAPORAN TUGAS AKHIR PERAN PROGRAM DIRECTOR DALAM PENGARAHAN TALENT PADA PROGRAM TALKSHOW “GIRL’S ROOM”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR   PERAN PROGRAM DIRECTOR DALAM PENGARAHAN TALENT PADA PROGRAM TALKSHOW “GIRL’S ROOM”] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR PERAN PROGRAM DIRECTOR DALAM PENGARAHAN TALENT PADA PROGRAM TALKSHOW “GIRL’S ROOM”)
Revisi Repo Abdul Halim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (826kB)

Abstract

ABSTRACT
This final project report discusses the role of the Program Director in directing talents
for the television talk show "Girl’s Room," which explores the dynamics of dormitory life
among female college students. The background of the program arises from the lack of
local TV content that authentically represents the emotional and social experiences of
Gen Z, especially those living in dorms. The aim of this study is to analyze how a Program
Director functions as both a creative leader and technical coordinator in ensuring the
seamless production of a program. This report applies Agenda-Setting Theory and Uses
and Gratifications Theory to understand audience needs and content relevance. Using
qualitative methods such as literature review, observation, and surveys, the production
was executed through stages of pre-production, production, and post-production. Each
stage highlights the Director’s role in concept development, talent briefing, camera
blocking, visual supervision, and final editing. The results show that a collaborative and
dialogical directing style enhances talent performance, audience connection, and content
delivery. The program succeeds in reflecting the emotional closeness and vibrancy of
dorm life for young women.
Keywords: Program Director, Dormitory, Talkshow, Gen Z, Talent Direction
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
ABSTRAK
Laporan tugas akhir ini membahas peran Program Director dalam pengarahan talent pada
program televisi berformat talkshow “Girl’s Room” yang mengangkat dinamika
kehidupan malam di asrama putri tingkat perguruan tinggi. Latar belakang karya ini
berasal dari minimnya tayangan televisi lokal yang merepresentasikan kehidupan
emosional dan sosial Gen Z secara autentik, khususnya mahasiswa yang tinggal di
asrama. Tujuan penulisan adalah menganalisis bagaimana Program Director berperan
sebagai pemimpin kreatif dan pengatur teknis yang memastikan kelancaran produksi
program. Penelitian ini menggunakan teori Agenda-Setting dan Uses and Gratifications
untuk memahami kebutuhan audiens dan relevansi konten. Metode yang digunakan
adalah studi pustaka, observasi, serta survei yang mendukung pelaksanaan produksi dari
tahap pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi. Setiap tahapan menyoroti
kontribusi Program Director dalam mengembangkan konsep, pengarahan talent, blocking
kamera, pengawasan visual, hingga penyelesaian editing. Hasil karya menunjukkan
bahwa gaya pengarahan yang kolaboratif dan dialogis mampu meningkatkan performa
talent, keterhubungan emosional dengan penonton, dan efektivitas penyampaian pesan.
Program ini berhasil merepresentasikan kehangatan dan dinamika kehidupan asrama
secara inspiratif.
Kata Kunci: Program Director, Asrama, Talkshow, Gen Z, Pengarahan Talent

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dr. Handika Danny Rahmayanti, M.Si., selaku Pembimbing I; Rusman Latief selaku Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Program Director, Dormitory, Talkshow, Gen Z, Talent Direction,rogram Director, Asrama, Talkshow, Gen Z, Pengarahan Talent
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran
Depositing User: Halim Bano
Date Deposited: 26 Sep 2025 02:03
Last Modified: 26 Sep 2025 02:03
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3250

Actions (login required)

View Item
View Item