PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU TENTANG HEWAN DARAT BERDASARKAN KLASIFIKASI JENIS MAKANAN SEBAGAI MEDIA UNTUK SISWA TAMAN KANAK-KANAK

Aulia, Syifa (2025) PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU TENTANG HEWAN DARAT BERDASARKAN KLASIFIKASI JENIS MAKANAN SEBAGAI MEDIA UNTUK SISWA TAMAN KANAK-KANAK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU TENTANG HEWAN DARAT BERDASARKAN KLASIFIKASI JENIS MAKANAN SEBAGAI MEDIA UNTUK SISWA TAMAN KANAK-KANAK.pdf] Text
PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU TENTANG HEWAN DARAT BERDASARKAN KLASIFIKASI JENIS MAKANAN SEBAGAI MEDIA UNTUK SISWA TAMAN KANAK-KANAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahtera Ceria Kindergarten is a preschool located in East Jakarta that implements the Merdeka Curriculum. However, the learning media used are still limited and lack interactivity, as they mostly rely on simple printed materials such as Erlangga’s books. This condition leads to students—particularly those in TK-A—becoming less enthusiastic and less engaged in the learning process. To address this issue, the author designed three pop-up books using the V-fold technique, with a theme of land animals categorized by their food types. These books are expected to make the learning process more engaging and effective.This project aims to provide an educational and enjoyable learning tool that encourages children to be more active during learning activities. The hypothesis of this project states that interactive media such as pop-up books can increase children’s interest and understanding of the learning material.The result of this project is a set of educational pop-up books that help create a more enjoyable learning experience and serve as a solution to the lack of interactive learning media in the school.

TK Bahtera Ceria adalah sekolah TK di Jakarta Timur yang menggunakan sistem Kurikulum Merdeka. Namun, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas dan kurang interaktif, karena hanya mengandalkan bahan ajar cetak sederhana seperti buku Erlangga. Hal ini menyebabkan siswa, khususnya kelas TK-A, kurang antusias dan tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal ini, penulis merancang tiga buku pop-up dengan teknik V-fold bertema hewan darat berdasarkan jenis makanannya. Buku ini diharapkan membantu proses belajar jadi lebih menarik dan efektif. Perancangan ini bertujuan untuk menyediakan sarana belajar yang edukatif dan menyenangkan, agar anak-anak lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hipotesis dari proyek ini menyatakan bahwa media interaktif seperti buku pop-up dapat meningkatkan minat, dan pemahaman anak terhadap materi pembelajaran. Hasil dari perancangan ini berupa satu set buku edukatif pop-up yang dapat membantu proses belajar menjadi lebih menyenangkan serta memberikan solusi atas keterbatasan media pembelajaran yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Lani Siti Noor Aisyah, S.Ds., M.Ds., sebagai dosen pembimbing I; 2. Andriyana, S. Pd., M. Pd., sebagai dosen pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Media edukasi, buku pop-up, ilustrasi anak Educational media, pop-up books, children's illustration
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Syifa Aulia Putri
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:54
Last Modified: 15 Sep 2025 01:54
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3283

Actions (login required)

View Item
View Item