ISLAMI WAHYUNI SALWA, SALWA (2020) PERANCANGAN KAMPANYE #JUARANYAJAWARA SAUS SAMBAL TAHUN 2020 DI ERA NEW NORMAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN KAMPANYE #JUARANYAJAWARA SAUS SAMBAL TAHUN 2020 DI ERA NEW NORMAL [thumbnail of PERANCANGAN KAMPANYE #JUARANYAJAWARA SAUS SAMBAL TAHUN 2020 DI ERA NEW NORMAL]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tugas Akhir-1-16.pdf
Download (849kB)
Abstract
Over the past few decades, culture like Indonesia had a habit of consuming spicy
food. Indonesian’s people like the sensation from the chili. In fact, they practically
grew up on spicy foods, literally eat every food with chili, everywhere and
anywhere.
In this modern era, the local chili producers are making something more practical
for the chili lovers. They produce the chili on the bottle, pouch and sachet not like
the old days where they have to smash the chili before eating. One of the largest
consumer goods producers, Unilever, has created innovation chili sauce called
Jawara in 2018. Unfortunately, the product has not performed well.
In that case, the author interested to create #JuaranyaJuara campaign strategy to
increase people awareness to Jawara Chili Sauce. One of the campaign theme is
aim to appreciate others to uncover hidden hero. The author used various way to
do this campaign such as : Advertising, Sales Promotion, Digital Marketing,
Public Relation, and Direct Marketing. This strategy expected to make Jawara
become one of the known chili sauce that will be chosen by Indonesian’s people.
Berdasarkan kebiasaan, masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas
sebagai perilaku yang turun menurun. Tak jarang, rempah-rempah yang banyak
tumbuh di tanah Indonesia mempunyai rasa pedas. Salah satu makanan pedas
yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah sambal. Sehingga seiring
berkembangnya kebudayaan banyak masyarakat yang dalam kehidupannya
mengiginkan sesuatu yang mudah dan praktis. Hal inilah yang membuat produsen
makanan menciptakan saus sambal instan dalam kemasan. Hingga muncul
beberapa merek saus sambal yang sudah dikenal seperti, ABC, Indofood, Dua
Belibis, Del Monte, Sasa, Bangkok, Cap Jempol, Obento Hokben, McLewis,
Nasional, dan masih banyak lagi. Dengan adanya keberagaman dan skala bisnis
saus sambal yang menjanjikan, membuat Unilever tertarik untuk meluncurkan
sebuah inovasi saus sambal yang diberi nama Jawara pada tahun 2018. Hingga
saat ini, Saus Sambal Jawara masih banyak memiliki permasalahan, diantaranya
masih kurangnya media promosi yang dilakukan.
Oleh karena itu, penulis tertarik untuk merancang strategi kampanye
#JuaranyaJawara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Saus
Sambal Jawara. Kampanye ini dilakukan untuk mengapresiasi para juara ditengah
pandemic Covid-19. Penulis menggunakan berbagai cara, seperti : Advertising,
sales promotion, digital marketing, public relation, direct marketing. Diharapkan,
strategi yang akan dilakukan ini dapat menjadikan Saus Sambal Jawara sebagai
saus sambal yang dikenal dan menjadi pilihan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Endah Fantini, A.Md., S.T., M.IKOM Ratna Puspitasari Ardjani M.FB |
Uncontrolled Keywords: | Keywords : Champaign, Chili Sauce, Jawara, Champion, JuaranyaJuara Kata kunci : Kampanye, Saus Sambal, Jawara, JuaraJawara |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:27 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:27 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3295 |