Saputra, Ahmad Fikri (2025) PEMBUATAN COPY CAPTION KONTEN INSTAGRAM DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KAMPANYE DIGITAL PROKLIM (PROGRAM KAMPUNG IKLIM). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN COPY CAPTION KONTEN INSTAGRAM DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KAMPANYE DIGITAL PROKLIM (PROGRAM KAMPUNG IKLIM) [thumbnail of PEMBUATAN COPY CAPTION KONTEN INSTAGRAM DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KAMPANYE DIGITAL PROKLIM (PROGRAM KAMPUNG IKLIM)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tugas Akhir Ahmad Fikri Saputra (1) (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
Abstract
Climate change is a pressing issue in Jakarta, prompting the Environmental Agency
(DLH) to promote the Climate Village Program (ProKlim). However, low public
engagement highlights the need for more effective communication strategies. As an
intern at DLH Jakarta, the author contributed to the ProKlim campaign by
developing Instagram copy captions. Data collection methods included direct
observation of the @proklim_klh account, literature review to apply the concepts
of copywriting. The caption creation process integrated storytelling, and persuasive
language aligned with 2025 social media trends. The final result was a set of 5 copy
captions designed for feed posts, and reels, serving as a social-media-based
strategy to increase public participation.
Keywords: Copy caption, digital campaign, proklim, instagram, copywriting.
Perubahan iklim menjadi tantangan serius di DKI Jakarta yang mendorong Dinas
Lingkungan Hidup untuk menjalankan kampanye Program Kampung Iklim
(ProKlim). Namun, rendahnya partisipasi masyarakat menandakan perlunya
pendekatan komunikasi yang lebih efektif. Penulis sebagai peserta magang di DLH
DKI Jakarta, berperan dalam mendukung kampanye ProKlim melalui pembuatan
copy caption untuk konten Instagram. Metode pengumpulan data yang digunakan
mencakup observasi langsung terhadap aktivitas akun @proklim_klh, studi pustaka
untuk merumuskan pendekatan berbasis teori copywriting. Proses penyusunan
caption memadukan storytelling, dan gaya bahasa persuasif yang sesuai dengan tren
media sosial 2025. Hasil akhir berupa 5 copy caption yang dikembangkan untuk
unggahan feed, dan reels sebagai strategi komunikasi kampanye digital berbasis
media sosial
Kata Kunci: Copy caption, kampanye digital, proklim, instagram, copywriting
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sartika Ekadyasa, M.I.Kom, Selaku Pembimbing I ; 2. Ifah Atur Kurniati, M.I.Kom, Selaku Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Copy caption, digital campaign, proklim, instagram, copywriting, Copy caption, kampanye digital, proklim, instagram, copywriting |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Ahmad Fikri Saputra |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 01:41 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 01:41 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3297 |