PERANCANGAN DESAIN SAMPUL, TATA LETAK, DAN DESAIN KONTEN PROMOSI NASKAH “RUMAH BERPULANG”

PERMATASARI, OKTAVIANA (2024) PERANCANGAN DESAIN SAMPUL, TATA LETAK, DAN DESAIN KONTEN PROMOSI NASKAH “RUMAH BERPULANG”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN SAMPUL, TATA  LETAK, DAN DESAIN KONTEN PROMOSI  NASKAH “RUMAH BERPULANG”] Text (PERANCANGAN DESAIN SAMPUL, TATA LETAK, DAN DESAIN KONTEN PROMOSI NASKAH “RUMAH BERPULANG”)
OKTAVIANA PERMATASARI - PERANCANGAN DESAIN SAMPUL TATA LETAK DAN DESAIN KONTEN PROMOSI NASKAH RUM.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

“Rumah Berpulang” is a fictional novel about the hope of very high
academic achievement triggering a teenager's fear of failure. It is difficult to
maintain consistency in the cover design, manuscript layout, and
promotional content of the novel “Rumah Berpulang”. Based on these
problems, this research aims to find out and create work that is able to apply
graphic design methods that are in accordance with Darmawan's theory,
Rustan's layout theory, and Hamzah’s as content marketing theory. The
design of the book cover, layout and marketing content is intended to attract
consumers and be able to describe the story content of the novel script
“Rumah Berpulang”. The implementation method used is a descriptive
method used on writing data/objects, data collection techniques, scope and
work steps. Therefore, to maintain the consistency of a book design, good
planning is needed regarding the concept, media, ideas, data preparation
and design, revisions, final artwork, up to the print production stage. This
includes illustrations, typography, and color in the cover design, layout, and
marketing content of the novel “Rumah Berpulang”.

“Rumah Berpulang” adalah novel fiksi mengenai harapan akan prestasi
akademik yang sangat tinggi menjadi pemicu ketakutan akan kegagalan anak
remaja. Sulitnya menjaga konsistensi pada desain sampul, tata letak naskah,
dan konten promosi novel “Rumah Berpulang”. Dari permasalahan tersebut
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuat karya yang mampu
menerapkan cara perancangan desain garis sesuai dengan teori Darmawan,
Rustan sebagai teori tata letak, dan Hamzah sebagai teori konten pemasaran.
Perancangan desain sampul buku, tata letak, dan konten pemasaran ditujukan
agar menarik konsumen dan dapat menggambarkan isi cerita novel “Rumah
Berpulang”. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode deskriptif
digunakan pada data/objek penulisan, teknik pengumpulan data, ruang
lingkup serta langkah kerja. Oleh karena itu untuk menjaga konsistensi
sebuah desain buku diperlukan perencanaan yang baik pada konsep, media,
ide gagasan, persiapan data dan perancangan, revisi, hasil akhir, hingga
sampai pada tahap produksi cetak. Hal ini meliputi ilustrasi, tipografi, dan
warna pada desain sampul, tata letak, dan konten pemasaran novel “Rumah
Berpulang”

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Angga Priatna, S.DKV., M.Sn. ; 2. Gun Gun Waldi Gumilar, M.M.
Uncontrolled Keywords: Graphic design, layout, content marketing, fear of failure.Desain grafis, tata letak, konten pemasaran, ketakutan akan kegagalan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 28 Feb 2025 07:49
Last Modified: 28 Feb 2025 07:49
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item
View Item