LAPORAN TUGAS AKHIR PENULISAN NASKAH BUKU ANAK BILINGUAL BERJUDUL “YUK, BERPETUALANG KE DUNIA LAUT!”

Thariq Athallah, Muhammad (2025) LAPORAN TUGAS AKHIR PENULISAN NASKAH BUKU ANAK BILINGUAL BERJUDUL “YUK, BERPETUALANG KE DUNIA LAUT!”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR TERBARU_removed.pdf] Text
LAPORAN TUGAS AKHIR TERBARU_removed.pdf

Download (1MB)

Abstract

English is an important need, especially for children. This final project
examines the process of writing and developing a bilingual children's story book
entitled "Let's Go! Adventure to the Sea World", which is intended for readers at
level B3 (ages 8–10 years). This book raises the theme of education about marine
life and is equipped with interactive features designed to support children's
cognitive and fine motor development. The writing of this final project uses data
collection techniques through literature studies and interviews. The process of
compiling the manuscript refers to the theory of writing according to Leo (2017),
namely planning, drafting, and revising the draft. The manuscript is written in two
languages, namely Indonesian and English, and uses a simple, interesting, and
educational narrative structure according to the characteristics of children aged
B3. This work encourages children to be actively involved through interactive
features that aim to strengthen understanding of the story content while training
critical thinking skills and bilingual literacy.

Bahasa Inggris menjadi kebutuhan penting, terutama bagi anak-anak. Tugas
akhir ini mengkaji proses penulisan dan pengembangan buku cerita anak dwibahasa
berjudul “Yuk! Berpetualang ke Dunia Laut”, yang ditujukan untuk pembaca
jenjang B3 (usia 8–10 tahun). Buku ini mengangkat tema edukasi tentang biota laut
dan dilengkapi dengan fitur interaktif yang dirancang untuk menunjang
perkembangan kognitif serta motorik halus anak. Penulisan tugas akhir ini
menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan wawancara.
Proses penyusunan naskah mengacu pada teori menulis menurut Leo (2017), yaitu
merencanakan, membuat draf, dan merevisi draf. Naskah disusun dalam dua
bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta menggunakan struktur
naratif yang sederhana, menarik, dan edukatif sesuai dengan karakteristik anak usia
B3. Karya ini mendorong anak untuk terlibat aktif melalui fitur interaktif yang
bertujuan untuk menguatkan pemahaman isi cerita sekaligus melatih keterampilan
berpikir kritis dan literasi dua bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Gun Gun Waldi Gumilar, M.M, Sebagai Dosen Pembimbing 1 ; 2. Anggun Gunawan, M.A, Sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: children's books, bilingual, marine education, level B3, fine motor skills, children's cognitive buku anak, dwibahasa, edukasi laut, jenjang B3, motorik halus, kognitif anak
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 427 Bahasa Inggris tidak baku
500 – Ilmu Pengetahuan > 590 Ilmu hewan (zoologi) > 593 Aneka ragam invertebrata laut dan pantai
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan
Depositing User: Muhammad Thariq Athallah
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:32
Last Modified: 23 Sep 2025 03:32
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item
View Item