Pembuatan Video Iklan Hardselling Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Janji Rasa Coffee And Space Medan

Simamora, Sheila Septina (2025) Pembuatan Video Iklan Hardselling Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Janji Rasa Coffee And Space Medan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pembuatan Video Iklan Hardselling Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Janji Rasa Coffee And Space Medan] Text (Pembuatan Video Iklan Hardselling Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Janji Rasa Coffee And Space Medan)
Pembuatan Video Iklan Hardselling Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Janji Rasa Coffee And Space Medan- Preliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk menggunakan strategi promosi yang efektif. Salah satu media promosi yang banyak digunakan adalah video iklan karena mampu menyampaikan pesan secara visual dan menarik perhatian audiens dalam waktu singkat. Cafe Janji Rasa Coffee and Space Medan merupakan usaha yang membutuhkan media promosi untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, penulis membuat video iklan dengan pendekatan hardselling untuk menarik minat konsumen secara langsung.
Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah observasi, studi pustaka, dan wawancara. Studi pustaka mengacu pada teori komunikasi visual, strategi periklanan hardselling, serta teknik produksi video. Proses pembuatan video meliputi tiga tahap: praproduksi (riset, penulisan naskah, storyboard, dan peralatan), produksi (pengambilan gambar proses pembuatan kopi dan suasana kafe), serta pascaproduksi (editing menggunakan aplikasi CapCut).
Video iklan berdurasi 58 detik dan diunggah ke akun Instagram resmi milik Cafe Janji Rasa. Hasil video menampilkan visual menarik, teks ajakan, dan suasana yang menggugah minat konsumen. Simpulan dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa video iklan hardselling efektif digunakan sebagai media promosi untuk meningkatkan daya tarik serta potensi penjualan di Cafe Janji Rasa
The increasingly fierce competition in the culinary business requires businesses to use effective promotional strategies. One of the widely used promotional media is video advertising because it is able to convey messages visually and attract audience attention in a short time. Cafe Janji Rasa Coffee and Space Medan is a business that needs promotional media to increase sales. Therefore, the author created an advertising video with a hardselling approach to attract consumers' interest directly.
The methods used in this final project are observation, literature study, and interviews. The literature study refers to visual communication theory, hardselling advertising strategy, and video production techniques. The video making process includes three stages: pre-production (research, script writing, storyboard, and equipment), production (shooting the coffee making process and cafe atmosphere), and post-production (editing using CapCut application).
The advertising video is 58 seconds long and uploaded to Cafe Janji Rasa's official Instagram account. The video displays attractive visuals, invitation text, and an atmosphere that arouses consumer interest. The conclusion of this final project shows that hardselling advertising videos are effectively used as promotional media to increase the attractiveness and sales potential of Cafe Janji Rasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dewantoro Lase,S.Kom.,M.Kom, sebagai pembimbing 1 2. Yusnia Sinambela,ST, MT, sebagai pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Video, Iklan hardselling, Janji Rasa Video, Advertising hardselling, Janji Rasa
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan
Depositing User: SHEILA SEPTINA SIMAMORA
Date Deposited: 29 Sep 2025 08:18
Last Modified: 29 Sep 2025 08:18
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item
View Item