Maghfirah Arianti, Qotrunnada (2025) PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN MEETING PACKAGE DI MORRISSEY HOTEL JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN MEETING PACKAGE DI MORRISSEY HOTEL JAKARTA [thumbnail of PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN MEETING PACKAGE DI MORRISSEY HOTEL JAKARTA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PRELIMINARY _QOTRUNNADA MAGHFIRAH ARIANTI_21700044_PENGELOLAAN PERHOTELAN-1-16.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (763kB)
Abstract
The increasingly competitive hospitality industry requires hotels to implement
appropriate marketing strategies to boost sales, one of which is market segmentation. Inadequate application of effective segmentation may hinder the sales growth of hotel products, including meeting packages. Based on this issue, this study aims to analyze the effect of market segmentation on the sales improvement of meeting packages at Morrissey Hotel Jakarta. This research employs a quantitative method with a descriptive approach. Data were collected through questionnaires distributed to 100 respondents who are users of the meeting package services. The data analysis technique used in this study is descriptive statistics and Spearman rank correlation test. The results show that market segmentation based on demographic, psychographic, behavioral, and geographic factors has a positive and significant effect on meeting package sales. Hypothesis testing confirms a significant relationship between market segmentation and meeting package sales improvement. By applying the right segmentation strategy, Morrissey Hotel Jakarta can effectively increase sales by targeting more specific market segments.
ABSTRAK
Tingginya persaingan bisnis di industri perhotelan menuntut setiap hotel untuk
menerapkan strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan, salah satunya
melalui penerapan segmentasi pasar. Kurangnya penerapan segmentasi yang efektif dapat menyebabkan penurunan daya saing dan kurang optimalnya penjualan produk, termasuk meeting package. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh segmentasi pasar terhadap peningkatan penjualan meeting package di Morrissey Hotel Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan klien pengguna meeting package. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Analisis deskriptif dan Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi pasar yang dilakukan berdasarkan demografis, psikografis, perilaku, dan geografis berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan meeting package. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa segmentasi pasar memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan meeting package. Denganpenerapan segmentasi pasar yang tepat, Morrissey Hotel Jakarta dapat pasar yang lebih spesifik dan meningkatkan penjualan secara efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Anindita Budi Astuti, SE., MM., sebagai Dosen Pembimbing I 2. Dimas Bayu Pinandoyo. S.Si., M.Sc, sebagai Dosem Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Market Segmentation, Sales, Meeting Package, Morrissey Hotel Jakarta. Segmentasi Pasar, Penjualan, Meeting Package, Morrissey Hotel Jakarta |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 647 Manajemen rumah tangga publik (rumah tangga kelembagaan) |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
Depositing User: | Qotrunnada Maghfirah Arianti |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:27 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:27 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3337 |