Qurrotun Aini, Naura (2025) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF UNTUK SLB D - D1 YPAC JAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK PENYANDANG DISABILITAS CEREBRAL PALSY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.
![PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF UNTUK SLB D - D1 YPAC JAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK PENYANDANG DISABILITAS CEREBRAL PALSY [thumbnail of PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF UNTUK SLB D - D1 YPAC JAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK PENYANDANG DISABILITAS CEREBRAL PALSY]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
tugas akhir naura qurrorun aini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (274kB)
Abstract
Children with disabilities Cerebral Palsy (CP) have special needs in the learning process, especially in terms of motor and sensory limitations. With the existence of learning media specifically for children with disabilitiesCerebral Palsy(CP), they can be able to follow school learning. This author aims to design interactive books as learning media that can stimulate the motor, cognitive, and sensory abilities of children with disabilities.Cerebral Palsy (CP). The methods used in this design include observation, interviews with teachers and therapists, and distributing questionnaires to determine student preferences and needs. The results of this process are used as a basis for designing an interactive book equipped with attractive visual elements and audio as a learning guide. This interactive book is expected to increase the effectiveness of the teaching and learning process at SLB D-D1 YPAC Jakarta and provide a more enjoyable and participatory learning experience for children with disabilities.Cerebral Palsy (CP).
Keywords: Interactive books, Cerebral Palsy (CP), disability, learning media.
Anak-anak penyandang disabilitas Cerebral Palsy (CP) memiliki kebutuhan khusus dalam proses pembelajaran, terutama dalam hal keterbatasan motorik dan sensorik. Dengan adanya media pembelajaran yang khusus untuk anak-anak disabilitas Cerebral Palsy (CP), mereka dapat mampu mengikuti pembelajaran sekolah. Penulis ini bertujuan untuk merancang buku interaktif sebagai media pembelajaran yang mampu menstimulasi kemampuan motorik, kognitif, dan sensorik anak-anak penyandang disabilitas Cerebral Palsy (CP). Metode yang digunakan dalam perancangan ini meliputi observasi, wawancara dengan guru dan terapis, serta penyebaran kuesioner untuk mengetahui preferensi dan kebutuhan siswa. Hasil dari proses ini dijadikan dasar dalam merancang buku interaktif yang dilengkapi dengan elemen visual menarik dan audio sebagai pemandu belajar. Buku interaktif ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar di SLB D-D1 YPAC Jakarta serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan partisipatif bagi anak-anak penyandang Cerebral Palsy (CP).
Kata kunci: buku interaktif, Cerebral Palsy, disabilitas, media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Andriyana S.Pd., M.Pd., Sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Citra Eka Nur Lamda S.Sn., M.I.Kom, Sebagai Pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Interactive books, Cerebral Palsy (CP), disability, learning media. Kata kunci: buku interaktif, Cerebral Palsy, disabilitas, media pembelajaran |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Naura Qurrotun Aini |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:50 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:50 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3350 |