PENYUTRADARAAN AKTING DALAM MENGELOLA EMOSI UNTUK MENCIPTAKAN KOMEDI PADA KARAKTER “HARYO” DALAM FILM PENDEK “MALAM PERAYAAN”

Fitriana, Farika (2025) PENYUTRADARAAN AKTING DALAM MENGELOLA EMOSI UNTUK MENCIPTAKAN KOMEDI PADA KARAKTER “HARYO” DALAM FILM PENDEK “MALAM PERAYAAN”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENYUTRADARAAN AKTING DALAM MENGELOLA EMOSI UNTUK MENCIPTAKAN KOMEDI PADA KARAKTER “HARYO” DALAM FILM PENDEK “MALAM PERAYAAN”] Text (PENYUTRADARAAN AKTING DALAM MENGELOLA EMOSI UNTUK MENCIPTAKAN KOMEDI PADA KARAKTER “HARYO” DALAM FILM PENDEK “MALAM PERAYAAN”)
SKRIPSI TA FARIKA REVISI (1-11).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The creation of the short film Malam Perayaan focuses on the acting direction process in managing an actor’s emotions to generate comedy in the character Haryo. As the central figure in the film’s absurd comedic dynamics, Haryo requires a directorial approach that balances emotional expression with precise comedic timing. This creative process adopts a practice-based method with a qualitative approach, involving rehearsal sessions, physical gesture exploration, improvisation, and performance evaluation throughout production. The result of the creation process shows that guided emotional control and a collaborative working atmosphere contribute significantly to a more vivid, contextual, and well-executed comedic performance. This work highlights the director’s role not merely as a technical guide, but as a creative force in shaping comedic delivery through performance.
Keywords: acting direction, emotion, comedy, absurd character, short film
Penciptaan karya film pendek Malam Perayaan berfokus pada proses penyutradaraan akting dalam mengelola emosi aktor untuk menciptakan komedi pada karakter Haryo. Karakter Haryo merupakan pusat dari dinamika komedi absurd dalam cerita, sehingga membutuhkan pendekatan penyutradaraan yang mampu menyeimbangkan ekspresi emosional dengan timing komedi secara presisi. Penciptaan ini menggunakan metode praktik langsung dengan pendekatan kualitatif yang melibatkan proses latihan, eksplorasi gestur tubuh, improvisasi, serta evaluasi terhadap performa aktor selama proses produksi. Hasil dari proses penciptaan menunjukkan bahwa pengelolaan emosi yang terarah dan pendekatan kerja yang kolaboratif dapat memunculkan performa komedi yang lebih hidup, kontekstual, dan tepat sasaran. Penciptaan ini menekankan pentingnya peran sutradara dalam mengarahkan akting bukan hanya sebagai teknik, tetapi sebagai proses kreatif yang menyatu dengan pencapaian komedi dalam narasi.
Kata kunci: penyutradaraan akting, emosi, komedi, karakter absurd, film pendek

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Dr. Tipri Rose Kartika, M.M. 2. Sjamsul Maarif S.Sn, M.Sn
Uncontrolled Keywords: Keywords: acting direction, emotion, comedy, absurd character, short film, Kata kunci: penyutradaraan akting, emosi, komedi, karakter absurd, film pendek
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Produksi Film dan TV
Depositing User: Farika Fitriana
Date Deposited: 30 Sep 2025 06:35
Last Modified: 30 Sep 2025 06:35
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3389

Actions (login required)

View Item
View Item