Rafazya, Rahmadina (2025) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PENGENALAN BIOTA LAUT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NUR ABADI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PENGENALAN BIOTA LAUT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NUR ABADI [thumbnail of PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PENGENALAN BIOTA LAUT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NUR ABADI]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rafazya Rahmadina_Tugas Akhir_.pdf
Download (1MB)
Abstract
Marine biota is an important part of natural wealth that needs to be introduced to children in order to foster environmental awareness. Children with special needs have different learning styles so they need interesting and easy-to-understand learning media. Based on observations and interviews at Nur Abadi Special School, the learning media used are still conventional and less interactive. The author designed an interactive illustration book introducing marine biota that is tailored to the needs of children with special needs. The design method uses observation, interviews, literature studies, and visual exploration. This book is equipped with interactive techniques such as flip the flap, participation, hidden objects, and QR codes containing audio. These elements are designed to attract children's attention and increase their involvement in the learning process. This book is expected to be an interesting and enjoyable learning alternative for students with special needs (ABK).
Biota laut merupakan bagian penting dari kekayaan alam yang perlu dikenalkan ke anak guna menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Anak berkebutuhan khusus memiliki gaya belajar yang berbeda sehingga membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Berdasarkan observasi dan wawancara di Sekolah Luar Biasa Nur Abadi, media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dan kurang interaktif. Penulis merancang buku ilustrasi interaktif pengenalan biota laut yang disesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Metode perancangan menggunakan observasi, wawancara, studi literatur, dan eksplorasi visual. Buku ini dilengkapi teknik interaktif seperti participation, hidden object, serta QR code berisi audio. Elemen-elemen tersebut dirancang untuk menarik perhatian anak dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Buku ini diharapkan menjadi alternatif pembelajaran yang menarik, menyenangkan bagi siswa berkebutuhan khusus (ABK).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yayah Nurasiah, M.Pd., Sebagai Dosen Pembimbing 1; 2. Citrani Eka Lamda Nur, S.Sn., M.I.Kom., Sebagai Dosen Pembimbing 2. |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Marine life, Children with special needs, Interactive book, Learning media Kata Kunci: Biota laut, Anak berkebutuhan khusus, Buku interaktif, Media pembelajaran |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Rafazya Rahmadina |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 02:22 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 02:22 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3433 |