Athallah, Saddam (2025) PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF BATIK IWAN TIRTA TERHADAP PENINGKATAN KONVERSI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF BATIK IWAN TIRTA TERHADAP PENINGKATAN KONVERSI [thumbnail of PENGEMBANGAN DESAIN MOTIF BATIK IWAN TIRTA TERHADAP PENINGKATAN KONVERSI]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TUGAS AKHIR_SADDAM GHANI ATHALLAH_PEMBUATAN DESAIN MOTIF BATIK IWAN TIRTA TERHADAP PENINGKATAN KONVERSI (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (494kB)
Abstract
The Kupu Hokokai batik motif is a batik originating from Pekalongan that emerged
from the Japanese colonial period, this batik motif design was modified into a batik
full of history and aesthetic value by Iwan Tirta. Iwan Tirta is a company engaged
in the fashion retail sector, specifically batik fashion. The author compiled this final
assignment with the aim of knowing the process of developing the Kupu Hokokai
batik motif design with an effort to increase sales conversion. The theory used is
the principles and elements of design according to Kusnadi (2018). The method
used in this final assignment is descriptive with data collection techniques through
observation and literature study. In the batik motif development stage, the author
carried out the first process, namely a meeting to determine the theme & concept.
The second stage is production which focuses on tracing, motif development and
detailing. The next stage is a design mockup and color samples for printing at a 1:1
size. The final stage ends with batik. Based on these stages, the author in developing
the Kupu Hokokai batik motif maximizes and utilizes design deficiencies to strive
for an increase in Iwan Tirta's sales conversion for the period March-April 2025
.Keywords: Batik Motif Design, Conversion, Batik Iwan Tirta.
Motif batik Kupu Hokokai merupakan batik asal pekalongan yang muncul dari
masa penjajahan jepang, desain motif batik ini dimodifikasi menjadi batik penuh
sejarah dan nilai estetika oleh Iwan Tirta. Iwan Tirta adalah perusahaan yang
bergerak pada bidang ritel fashion terkhusus fashion batik. Penulis menyusun tugas
akhir ini dengan tujuan mengetahui proses pegembangan desain motif batik Kupu
Hokokai dengan upaya meningkatkan konversi penjualan. Teori yang digunakan
adalah prinsip dan elemen desain menurut Kusnadi (2018). Metode yang digunakan
dalam tugas akhir ini adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan
observasi dan studi pustaka. Pada tahapan pengembangan motif batik penulis
melakukan proses pertama yaitu meeting untuk menentukan tema & konsep. Tahap
kedua adalah produksi yang berfokus pada tracing, pengembangan motif dan
detailing. Tahap selanjutnya merupakan mockup desain dan sampel warna untuk di
print ukuran banding 1:1. Tahap terakhir diakhiri dengan pembatikan. Berdasarkan
tahapan tersebut, penulis dalam pengembangan motif batik Kupu Hokokai
memaksimalkan dan memanfaatkan kekurangan desain untuk mengupayakan
adanya peningkatan pada konversi penjualan Iwan Tirta periode Maret-April 2025.
Kata Kunci: Desain Motif Batik, Konversi, Batik Iwan Tirta
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Handika Dany Rahmayanti, M.Si. sebagai Dosen Pembimbing Tugas Akhir 1 2. Muhammad Nur, I.Kom. Selaku Dosen Pembimbing Tugas Akhir 2 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Batik Motif Design, Conversion, Batik Iwan Tirta. Kata Kunci: Desain Motif Batik, Konversi, Batik Iwan Tirta |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Saddam Ghani Athallah |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 07:07 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 07:07 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3448 |