PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM JASA MARGA UNTUK MENINGKATKAN AUDIENS DI KALANGAN GENERASI MILLENIAL

Aulia, Vanny (2025) PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM JASA MARGA UNTUK MENINGKATKAN AUDIENS DI KALANGAN GENERASI MILLENIAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM JASA MARGA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT AUDIENS DI KALANGAN GENERASI MILLENI] Text (PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM JASA MARGA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT AUDIENS DI KALANGAN GENERASI MILLENI)
1LAPORAN TUGAS AKHIR VANNY RAHMA AULIA (2270404119) (1) (1) (4)_removed (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (529kB)

Abstract

ABSTRAK
Judul Tugas Akhir :
Perancangan Konten Media Sosial Instagram Jasa Marga
untuk Meningkatkan Engagement Audiens di Kalangan
Generasi Milenial
ABSTRACT
The author designs content through the stages of preparation,
implementation, and evaluation with the STP (Segmenting, Targeting, Positioning)
and AISAS approaches. The results show that the use of relevant headlines
significantly increases the engagement of millennial generation audienss. Thisfinal
project discussesthe design of Instagram social media content @official.jasamarga
to increase engagement among millennials. Based on observations, low interaction
is caused by the lack of attractive headlines. One important element in designing
this content is the use of headlines that are more humanistic and relevant to
millennial audienss. Headlines that are attractive, informative, and close to the
audiens's daily lives have proven to be more effective in attracting attention and
encouraging interaction. The results of the analysis show that after the headline
update, there was a significant increase in the level of engagement, both in terms
of the number of likes, comments, shares, and reach. A comparison between content
performance before and after the headline change shows that content with relevant
headlines gets a higher engagement rate, as well as a wider reach.
Keywords: Instagram, STP , Engagement, Millennials, Headlines.
ABSTRAK
Penulis merancang konten melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, dan
evaluasi dengan pendekatan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan AISAS.
Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan headline yang relevan secara signifikan
meningkatkan keterlibatan audiens generasi milenial. Tugas akhir ini membahas
perancangan konten media sosial Instagram @official.jasamarga untuk
meningkatkan engagement di kalangan generasi milenial.Berdasarkan observasi,
rendahnya interaksi disebabkan oleh kurangnya headline yang menarik. Salah satu
elemen penting dalam perancangan konten ini adalah penggunaan headline yang
lebih humanis dan relevan dengan audiens milenial. Headline yang menarik,
informatif, dan dekat dengan kehidupan sehari-hari audiens terbukti lebih efektif
dalam menarik perhatian dan mendorong interaksi. Hasil analisis menunjukkan
bahwa setelah pembaruan headline, terdapat peningkatan signifikan dalam tingkat
engagement, baik dalam hal jumlah like, komentar, share, maupun reach.
Perbandingan antara performa konten sebelum dan setelah perubahan headline
menunjukkan bahwa konten dengan headline yang relevan memperoleh
engagement rate yang lebih tinggi, serta jangkauan yang lebih luas.
Kata Kunci: Instagram, STP, Engagement, Milenial, Headline

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sartika Ekadyasa M.I.Kom , sebagai dosen pembimbing 1 2. Freddy Yakob M.I.Kom, sebagai dosen pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Instagram, STP, Engagement, Milenial, Headline Keywords: Instagram, STP , Engagement, Millennials, Headlines.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Vanny Rahma Aulia
Date Deposited: 03 Oct 2025 04:49
Last Modified: 03 Oct 2025 04:49
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3462

Actions (login required)

View Item
View Item