Nurul Hanifah, Mufidah (2025) PERANCANGAN KOMIK EDUKASI SEBAGAI MEDIA LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN REMAJA TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.
![PERANCANGAN KOMIK EDUKASI SEBAGAI MEDIA LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN REMAJA TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS [thumbnail of PERANCANGAN KOMIK EDUKASI SEBAGAI MEDIA LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN REMAJA TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR_MUFIDAH NURUL HANIFAH_fix4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat di Indonesia terhadap penyandang disabillitas cukup rendah karena minimnya literasi dan pengetahuan umum tentang disabilitas di kalangan remaja. Hal ini berdampak buruk pada lingkungan mereka seperti meningkatnya kasus bullying terhadap teman kelas penyandang disabilitas di sekolah dan di tempat umum. Untuk menindaklanjuti kasus ini dibutuhkan media yang lebih menghibur dan tidak membosankan para kalangan remaja. Dengan menggunakan media berupa komik edukasi dengan tema disabilitas akan sangat membantu meningkatkan minat membaca dan semangat untuk belajar untuk mendalami dunia disabilitas.
The level of awareness and concern of the community in Indonesia towards people with disabilities is quite low due to the lack of literacy and general knowledge about disabilities at school age. This has a negative impact on their environment such as increasing cases of bullying against classmates with disabilities at school and in public places. To follow up on this case, media is needed that is more entertaining and not boring for teenagers. By using media in the form of educational comics with the theme of disability, it will greatly help increase interest in reading and enthusiasm for learning to explore the world of disability.