Dhaifullah, Arkan Yasin (2024) PERAN PENATA KAMERA DALAM MENCIPTAKAN VISUAL MULTIKAMERA PADA PROGRAM PERTUNJUKAN LIVE DRAMA TELEVISI “MISI PERJUANGAN ABADI”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERAN PENATA KAMERA DALAM MENCIPTAKAN VISUAL MULTIKAMERA PADA PROGRAM PERTUNJUKAN LIVE DRAMA TELEVISI “MISI PERJUANGAN ABADI” [thumbnail of PERAN PENATA KAMERA DALAM MENCIPTAKAN VISUAL MULTIKAMERA PADA PROGRAM PERTUNJUKAN LIVE DRAMA TELEVISI “MISI PERJUANGAN ABADI”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TA-(Arkan Yasin Dhaifulllah - 21320030) Fix Terbaru banget scan-1-12.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (591kB)
Abstract
Program televisi, khususnya drama, berusaha keras menarik perhatian penonton
masa kini. "Misi Perjuangan Abadi" hadir dengan konsep yang berbeda,
mengangkat tokoh bersejarah yang berjasa pada zamannya. Dalam peran sebagai
penata kamera, penulis menghadapi tantangan teknis serta kebutuhan akan
pengalaman khusus, terutama dalam teknik penataan cahaya dan penguasaan
pergerakan serta pengambilan visual gambar pada multikamera. Masalah utama
adalah kurangnya pemahaman tentang teknik penataan cahaya dan pengalaman
dalam pengoperasian multikamera. Laporan ini bertujuan untuk mengeksplorasi
peran penata kamera dalam live drama, khususnya dalam teknik multikamera.
Tinjauan pustaka yang disajikan mencakup berbagai aspek penting seperti peran
kerja penata kamera, penggunaan multikamera, sudut kamera, jenis pengambilan
gambar (type of shot), gerakan kamera, unsur-unsur gambar, komposisi, penataan
cahaya, dan teknik pencahayaan. Semua elemen ini memberikan dasar pemahaman
yang diperlukan untuk konsep produksi visual yang efektif. Penulisan ini
menekankan bahwa penata kamera harus memperhatikan setiap elemen tersebut
untuk menciptakan visual yang menarik dan berkualitas dalam program live drama
televisi. Dengan memahami dan menguasai teknik-teknik ini, penata kamera dapat
menghadirkan visual yang tidak hanya estetis, tetapi juga mendukung narasi cerita
dengan lebih baik. Pengalaman dan keahlian dalam mengelola cahaya dan
penggunaan multikamera sangat krusial untuk mencapai hasil yang maksimal.
Program seperti "Misi Perjuangan Abadi" menuntut kemampuan tinggi dari penata
kamera agar dapat memvisualisasikan cerita dengan cara yang paling efektif dan
menarik.
Television programs, especially dramas, strive to capture the attention of today's
audience. "Misi Perjuangan Abadi" presents a unique concept, highlighting a
historical figure who made significant contributions in their time. In the role of a
cameraman, the author faces technical challenges and the need for specialized
skills, particularly in lighting techniques and mastering movement and visual
capture with multicamera setups. The main issue is the lack of understanding of
lighting techniques and experience in operating multicamera systems. This report
aims to explore the role of the cameraman in live drama, specifically in multicamera
techniques. The literature review covers various essential aspects such as the
cameraman's work role, the use of multicameras, camera angles, types of shots,
camera movements, visual elements, composition, lighting arrangement, and
lighting techniques. These elements provide a foundational understanding
necessary for effective visual production concepts. The writing emphasizes that the
cameraman must pay attention to each of these elements to create visually appealing
and high-quality live drama television programs. By understanding and mastering
these techniques, the cameraman can produce visuals that are not only aesthetically
pleasing but also enhance the narrative of the story. Experience and expertise in
managing lighting and using multicameras are crucial for achieving the best results.
Programs like "Misi Perjuangan Abadi" demand high capabilities from the
cameraman to visualize the story in the most effective and engaging way possible.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Adryans, S.Si., M.Sn. ; 2. Drs. Rusman Latief, M.Ikom |
Uncontrolled Keywords: | drama langsung, program televisi, juru kamera, bercerita secara visual, produksi program, pendidikan sejarah, pencahayaan panggung, live drama, television program, cameraman, visual storytelling, program production, historical education, stage lighting. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 07:10 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 07:10 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/349 |