Takdir Akbar, Muh. (2025) PEMBUATAN E-KATALOG DESTINASI WISATA PANTAI BOSOWA SEBAGAI IDENTITAS VISUAL KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN E-KATALOG DESTINASI WISATA PANTAI BOSOWA SEBAGAI IDENTITAS VISUAL KOTA MAKASSAR [thumbnail of PEMBUATAN E-KATALOG DESTINASI WISATA PANTAI BOSOWA SEBAGAI IDENTITAS VISUAL KOTA MAKASSAR]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir (Takdir).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (946kB)
Abstract
Tourism e-catalogs have been proven to increase the interest of potential tourists because they present attractive visual content and facilitate the visit planning process. However, so far, promotion of Bosowa Beach has only been distributed through individual social media posts or short content from travel bloggers, without an official digital catalog that presents complete and systematic information. The final goal is to design and build an e-catalog for the Bosowa Beach tourist destination as a form of support for digital tourism promotion in Makassar City. Data collection techniques include observation, interviews with managers and visitors to obtain relevant narrative information, and catalog content planning. The e- catalog was designed using Canva, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, and Heyzine. The resulting Heyzine is a web-based service that allows users to convert PDF files into inter- active flipbooks that can be accessed online without ads and with various page transition effects. Conclusion Based on the process of creating the Bosowa Beach e-catalog, creating a digital e-catalog for the Bosowa Beach tourist destination requires combining an attrac- tive design with comprehensive and structured content.
E-katalog pariwisata terbukti meningkatkan ketertarikan calon wisatawan karena menyajikan konten visual yang menarik serta memudahkan proses perencanaan kunjungan. Namun, sejauh ini promosi Pantai Bosowa hanya tersebar melalui unggahan sosial media individu atau konten singkat dari travel blogger, tanpa adanya katalog digital resmi yang menyajikan informasi secara utuh dan sistematis. Tujuan akhir ini adalah pembuatan sebuah e-katalog destinasi wisata Pantai Bosowa sebagai bentuk dukungan terhadap promosi wisata digital di Kota Makassar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan pengelola dan pengunjung untuk memperoleh informasi naratif yang relevan, serta perencanaan konten katalog. E-katalog dibuat dengan menggunakan Canva, Adobe Photoshop, Adobe InDesign dan Heyzine. Hasil, Heyzine merupakan layanan berbasis web yang memungkinkan pengguna mengubah file PDF menjadi flipbook interaktif yang dapat diakses secara online tanpa iklan dan dengan berbagai efek transisi halaman. Kesimpulan Berdasarkan proses pembuatan e-katalog Pantai Bosowa yang telah dilakukan. Untuk membuat e-katalog digital destinasi wisata pantai bosowa perlu menggabungkan desain yang menarik dengan konten yang lengkap dan terstruktur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Lukytta Gusti Acfira, S.E., M.AK. sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Eva Fachria, S.Pd., M.Si. sebagai Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Media Promosi, Pariwisata, Pantai Bosowa, Peracangan E- Katalog Keywords: Promotional Media, Tourism, Bosowa Beach, E-Catalog Design |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 010 Bibliografi > 011 Bibliografi dan katalog-katalog 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 779 Gambar fotografi |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar |
Depositing User: | Muh Takdir Akbar |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 01:25 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 01:25 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3513 |