Rafi Wahyuda, Ahmad (2025) Perancangan Aplikasi Edukasi Untuk Pengenalan Huruf Alfabet Dan Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Rapid Application Development. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Perancangan Aplikasi Edukasi Untuk Pengenalan Huruf Alfabet Dan Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Rapid Application Development [thumbnail of Perancangan Aplikasi Edukasi Untuk Pengenalan Huruf Alfabet Dan Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Rapid Application Development]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir-Ahmad Rafi Wahyuda-repositori.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (721kB)
Abstract
Pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk dasar keterampilan membaca dan menulis. Pengenalan huruf alfabet dan hijaiyah sejak dini sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan literasi anak, baik dalam bahasa umum maupun dalam konteks keagamaan. Namun, metode pembelajaran yang digunakan di banyak lembaga pendidikan anak usia dini masih bersifat konvensional, seperti penggunaan buku cetak dan papan tulis, yang kurang menarik bagi anak-anak dan dapat menurunkan motivasi belajar mereka. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, khususnya aplikasi edukasi berbasis Android, dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan minat dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi edukasi interaktif berbasis Android guna membantu anak usia dini dalam mengenal dan menulis huruf alfabet serta hijaiyah.
Early childhood education has an important role in forming the basis of reading and writing skills. Early introduction of the alphabet and hijaiyah letters is necessary to support children's literacy development, both in general language and in religious contexts. However, the learning methods used in many early childhood education institutions are still conventional, such as the use of printed books and blackboards, which are less attractive to children and can reduce their motivation to learn. Therefore, the utilization of technology in learning, especially Android-based educational applications, can be an innovative solution to increase interest and learning effectiveness. This research aims to design and develop Android-based interactive educational applications to help early childhood in recognizing and writing alphabet letters and hijaiyah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing 1; 2. Nur Rahmansyah, S.Kom., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing 2. |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Edukasi, Android, Huruf Alfabet, Huruf Hijaiyah, Rapid Application Development (RAD) Educational Application, Android, Alphabet Letters, Hijaiyah Letters, Rapid Application Development (RAD) |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Ahmad Rafi Wahyuda |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:23 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 04:23 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3525 |