Musyaffa Firjatulah, Yazid (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS 3D MEMBANGUN KEBIASAAN BAIK DI RUMAH BAGI MAHASIWA DAN REMAJA MENGGUNAKAN UNITY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS 3D MEMBANGUN KEBIASAAN BAIK DI RUMAH BAGI MAHASIWA DAN REMAJA MENGGUNAKAN UNITY [thumbnail of PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS 3D MEMBANGUN KEBIASAAN BAIK DI RUMAH BAGI MAHASIWA DAN REMAJA MENGGUNAKAN UNITY]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA Yazid Musyaffa Firjatullah_21240133【FIX Cap Bu Tri 16 Oktober 2025】-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis 3D yang dirancang untuk mengenalkan kebiasaan baik di rumah kepada para mahasiswa dan remaja yang seumuran. Latar belakang penelitian ini menunjukkan kecenderungan para mahasiswa dan remaja yang menghabiskan waktu signifikan dengan gawai untuk bermain game yang kurang edukatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Game ini dikembangkan menggunakan Unity dengan gameplay interaktif yang menarik dan dirancang agar dapat dimainkan secara offline di perangkat Android untuk kemudahan akses pengguna. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pengguna sangat puas dan senang dengan game Kebiasaan Baik Saat Di Rumah.
This study aims to develop a 3D based educational game designed to introduce good habits at home to university students and teenagers of similar age. The background of this research highlights a tendency among students and adolescents to spend a significant amount of time on gadgets playing games that lack educational value. This study employs the Research and Development (R&D) method, which aims to develop a new product or improve an existing one to ensure its accountability and effectiveness. The game was developed using Unity with engaging interactive gameplay and is designed to be played offline on Android devices for user accessibility. The results of this study indicate that users were very satisfied and pleased with the game Kebiasaan Baik Saat Di Rumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Cholid Mawardi, S.Kom., MT., sebagai Dosen Pembimbing 1; 2. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom, sebagai Dosen Pembimbing 2. |
Uncontrolled Keywords: | Game Android, Game Edukasi, Gameplay Interaktif, Kebiasaan Baik, Unity 3D Android Games, Educational Games, Interactive Gameplay, Good Habits, Unity 3D |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Yazid Musyaffa Firjatullah |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 07:53 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 07:53 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3535 |