Perancangan Game Visual Novel Berbasis Cerita Rakyat Danau Toba dengan Metode ADDIE

Ilham Padli, Muhammad (2025) Perancangan Game Visual Novel Berbasis Cerita Rakyat Danau Toba dengan Metode ADDIE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Game Visual Novel Berbasis Cerita Rakyat Danau Toba dengan Metode ADDIE] Text (Perancangan Game Visual Novel Berbasis Cerita Rakyat Danau Toba dengan Metode ADDIE)
Perancangan Game Visual Novel Berbasis Cerita Rakyat Danau Toba dengan Metode ADDIE - 21240082 - M Ilham Padli.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (895kB)

Abstract

Cerita rakyat merupakan salah satu bentuk warisan bangsa Indonesia yang memiliki nilai moral dan kebudayaan lokal. Namun seiring perkembangan teknologi, minat anak-anak terhadap cerita rakyat semakin menurun. Oleh karena itu, penulis merancang suatu media pembelajaran cerita rakyat danau toba yang berupa game visual novel dalam bentuk aplikasi mobile. Game visual novel ini yang dirancang menggunakan Aplikasi Ren’Py Visual Novel Engine. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi kelayakan fungsi dari beberapa fitur yang dirancang pada game visual novel cerita rakyat Legenda Danau Toba sebagai media interaktif yang dapat meningkatkan minat anak-anak untuk mempelajari cerita rakyat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Pada metode penelitian model ADDIE memiliki lima langkah kerja, yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Penulis telah melakukan penelitian dengan melakukan black box testing untuk menguji fungsi pada aplikasi. Hasil dari black box testing menunjukkan bahwa setiap fungsi pada aplikasi berjalan dengan baik, namun perlu perbaikan pada fungsi tombol keluar agar lebih jelas. Adapun hasil dari umpan balik responden melalui angket mendapatkan skor rata-rata sebesar 82,64%. Dengan hasil tersebut tingkat minat terhadap aplikasi ini cukup tinggi dan memiliki dampak terhadap pemahaman tentang cerita rakyat.

Folklore is one of Indonesia’s cultural heritages that contains moral values and local traditions. However, along with the development of technology, children’s interest in folklore has gradually declined. Therefore, the author designed an educational medium for the folklore Legend of Lake Toba in the form of a visual novel game as a mobile application. This visual novel game was developed using the Ren’Py Visual Novel Engine. The purpose of this research is to identify the functional feasibility of several designed features in the Legend of Lake Toba visual novel game as an interactive medium that can increase children’s interest in learning folklore. This study applies the Research and Development (R&D) method using the ADDIE model, which consists of five stages: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The researcher conducted black box testing to examine the application’s functionality. The results of the black box testing show that all features in the application work properly, although improvements are needed for the exit button to make it clearer. The feedback from respondents through questionnaires resulted in an average score of 82.64%. These findings indicate that the level of interest in this application is quite high and that it has a positive impact on users’s understanding of folklore.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Cholid Mawardi, S.Kom., MT, sebagai Dosen Pembimbing 1; 2. Nofiandri Setyasmara, M.T., sebagai Dosen Pembimbing 2.
Uncontrolled Keywords: cerita rakyat, danau toba, game, mobile, visual novel folktales, game, lake toba, mobile, visual novel
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Muhammad Ilham Padli
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:04
Last Modified: 16 Oct 2025 04:04
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3537

Actions (login required)

View Item
View Item