PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU ILUSTRASI MENGENAI ALFABET DI TK ISLAM AL-MUKHLISIN

Trisiena Putra, Satrio (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU ILUSTRASI MENGENAI ALFABET DI TK ISLAM AL-MUKHLISIN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU ILUSTRASI MENGENAI ALFABET DI TK ISLAM AL-MUKHLISIN] Text (PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU ILUSTRASI MENGENAI ALFABET DI TK ISLAM AL-MUKHLISIN)
Preliminary Repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (716kB)

Abstract

Pembelajaran alfabet merupakan tahap fundamental dalam perkembangan literasi anak usia dini. Media pembelajaran yang menarik dan interaktif sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman serta minat anak dalam mengenal huruf. Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berupa buku ilustrasi alfabet yang tidak hanya edukatif, tetapi juga menarik secara visual. Metode yang digunakan dalam perancangan ini meliputi studi literatur, analisis kebutuhan pengguna, serta proses desain dan ilustrasi berbasis pendekatan komunikatif. Buku ilustrasi ini dirancang dengan mengutamakan elemen visual yang menarik, warna yang cerah, serta ilustrasi yang sesuai dengan dunia anak-anak. Selain itu, prinsip desain grafis diterapkan guna memastikan keterbacaan dan efektivitas dalam penyampaian materi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah buku ilustrasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran alfabet bagi anak-anak. Dengan adanya buku ilustrasi ini, diharapkan proses pembelajaran alfabet menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga membantu anak dalam mengenal dan memahami huruf dengan lebih baik.

The learning of the alphabet is a fundamental stage in the literacy development of early childhood. Engaging and interactive learning media are essential to enhance children's understanding and interest in recognizing letters. This study aims to design and develop an alphabet illustration book as a learning medium that is not only educational but also visually appealing. Design process in this final project involves literature review, user needs analysis, and a communicative approach to design and illustration. The illustration book is designed with a focus on attractive visual elements, vibrant colors, and illustrations that align with children's world. Graphic design principles are applied to ensure readability and effectiveness in delivering the material. The result of this research is an illustrated book that serves as a learning medium for children to recognize the alphabet. With this illustration book, it is expected that alphabet learning will become more engaging and interactive, helping children recognize and understand letters more effectively.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Andriyana, S.Pd., M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Angga Priatna, S.DKV., M.Sn., sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Buku Ilustrasi, Alfabet, Anak-anak, Desain Grafis. Instructional Media, Illustrated Book, Alphabet, Children, Graphic Design.
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 410 Linguistik > 410 Linguistik
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Satrio Trisiena Putra
Date Deposited: 16 Oct 2025 07:25
Last Modified: 16 Oct 2025 07:25
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3544

Actions (login required)

View Item
View Item