IQBAL AULIYYAN, MUHAMMAD (2025) PERANCANGAN VIRTUAL REALITY “OCEAN VIEW” SEBAGAI MEDIA EDUKASI HEWAN LAUT DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN VIRTUAL REALITY “OCEAN VIEW” SEBAGAI MEDIA EDUKASI HEWAN LAUT DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) [thumbnail of PERANCANGAN VIRTUAL REALITY “OCEAN VIEW” SEBAGAI MEDIA EDUKASI HEWAN LAUT DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA M IQBAL AULIYYAN - Preliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada perancangan dan pengembangan aplikasi Virtual Reality (VR) berbasis mobile bernama "Ocean View" yang bertujuan untuk meningkatkan edukasi hewan laut bagi siswa kelas 3 sekolah dasar di SDN 4 Tapos. Metode pembelajaran konvensional yang ada, utamanya melalui buku pelajaran IPAS, dinilai kurang interaktif dan tidak mampu menarik minat siswa, sehingga mengakibatkan pemahaman terbatas terhadap keanekaragaman hayati laut. Sebagai solusinya, aplikasi ini menyajikan pengalaman belajar yang imersif dan interaktif melalui eksplorasi seaworld virtual, menampilkan 10 jenis hewan laut spesifik dengan informasi detail, serta mengintegrasikan kuis pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan bahan, penyusunan, pengujian, dan distribusi. Uji fungsionalitas (black-box) dan uji usabilitas yang melibatkan 38 siswa dan 2 guru di SDN 4 Tapos menunjukkan bahwa aplikasi berjalan lancar pada berbagai perangkat Android. Hasil uji usabilitas memperoleh skor rata-rata 81%, menandakan bahwa aplikasi VR ini mampu dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang hewan laut, serta sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kontribusi penelitian ini adalah pada pengembangan teknologi pendidikan digital yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa di era digital.
This This study focuses on designing and developing "Ocean View," a mobile-based Virtual Reality (VR) application aimed at enhancing marine animal education for 3rd-grade elementary school students at SDN 4 Tapos. Existing conventional methods, primarily IPAS textbooks, lack interactivity and fail to capture students' interest, leading to limited understanding of marine biodiversity. Addressing this, the application provides an immersive and interactive learning experience through virtual exploration of a seaworld, showcasing 10 specific marine animals with detailed information and integrating a multiple-choice quiz. The research employs the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) model, encompassing concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution phases. Functional (black-box) and usability testing with 38 students and 2 teachers at SDN 4 Tapos demonstrated that the application runs smoothly across various Android devices. Usability results showed an 81% average score, indicating the VR game is capable of enhancing students' understanding and knowledge of marine life, making it highly suitable as an educational tool. This contributes to innovative digital educational technology for improved student engagement and learning outcomes.