PERANCANGAN DESAIN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AWAL UNTUK ANAK USIA 2-6 TAHUN

Hikma Wati, Nur (2025) PERANCANGAN DESAIN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AWAL UNTUK ANAK USIA 2-6 TAHUN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AWAL UNTUK ANAK USIA 2-6 TAHUN] Text (PERANCANGAN DESAIN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AWAL UNTUK ANAK USIA 2-6 TAHUN)
Laporan TA (Hikma).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan buku interaktif sebagai media pembelajaran awal bagi anak usia 2–6 tahun. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memberikan stimulus atau rangsangan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini, meningkatkan fokus dan minat belajar anak yang memiliki rentang konsentrasi pendek, serta menjadi solusi atas keterbatasan media pembelajaran yang tersedia di lembaga PAUD. Metode yang digunakan adalah Design Thinking, yang meliputi lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil perancangan menunjukkan bahwa buku interaktif dengan elemen visual yang menarik, warna cerah, ilustrasi edukatif, serta aktivitas bermain seperti mencocokkan bentuk, memasang dan melepas gambar, dapat menstimulasi aspek motorik halus, kognitif, bahasa, dan sosial-emosional anak. Buku interaktif ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi serta mempertahankan fokus belajar anak, sekaligus menjadi media pembelajaran yang praktis, menarik, dan dapat digunakan tanpa bergantung pada teknologi. Dengan demikian, buku interaktif ini layak dijadikan media pembelajaran alternatif yang mendukung perkembangan anak usia dini secara optimal.

This study focuses on the design of an interactive book as an early learning medium for children aged 2–6 years. The purpose of this design is to provide appropriate stimuli according to early childhood developmental stages, to enhance focus and learning interest in children with short attention spans, and to offer a solution to the lack of adequate learning media in early education institutions. The method used is Design Thinking, which consists of five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. The design results show that the interactive book, featuring attractive visuals, bright colors, educational illustrations, and playful activities such as matching shapes and assembling pictures, successfully stimulates fine motor, cognitive, language, and socio-emotional aspects. Moreover, the interactive book effectively increases children’s motivation and concentration while being a practical and engaging learning tool that does not rely on technology. Therefore, this interactive book can serve as an alternative educational medium that supports the optimal development of early childhood.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Fadly Shabir, S.Kom., M.T. sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Miftahul Jannah, S.Pd., M.Si. sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Buku interaktif, anak usia dini, media pembelajaran, desain grafis, design thinking. Keywords: Interactive book, early childhood, learning media, graphic design, design thinking.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 090 Manuskrip, naskah dan buku langka > 096 Buku-buku dengan ilustrasi khusus
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar
Depositing User: Nur Hikma Wati
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:20
Last Modified: 20 Oct 2025 03:20
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3599

Actions (login required)

View Item
View Item