Nuha Kamila, Haura (2025) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM MIMOCHI UNTUK MENINGKATKAN CITRA MEREK DAN POTENSI PENJUALAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
Preliminary Laporan TA Haura DG 7E.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (706kB)
Abstract
ABSTRAK
UMKM memainkan peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini membuat kemunculan UMKM dan pemberdayaannya di Indonesia menjadi penting. Namun seiring berkembangnya zaman, semakin banyak pula tantangan dan persoalan baru yang harus dihadapi dalam membangun usaha dan bisnis yang sukses. UMKM Mimochi merupakan UMKM di sektor food and beverage di Kota Depok yang dinilai belum memiliki identitas visual merek yang memadai untuk mengkomunikasikan citra merek yang berpengaruh pada kesadaran merek (brand awareness) sekaligus citra merek di masyarakat, hingga tingkat potensi penjualan UMKM. Oleh karena itu, perancangan identitas visual untuk Mimochi menjadi solusi yang dapat dilakukan. Perancangan ini berfokus pada pembuatan identitas visual untuk UMKM Mimochi dan penerapannya pada media pemasarannya dan buku brand guidelines sebagai dokumen yang digunakan dalam menjaga konsistensinya. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah 1) Research/pengumpulan data, 2) Analisis data, 3) Konsep dan ide kreatif, 4)Perancangan/designing, 5)Evaluasi. Sementara tahapan perancangan dibagi menjadi 3 (tiga) yakni tahap praproduksi/persiapan, tahapproduksi/pelaksanaan, dan tahap pascaproduksi/evaluasi. Perancangan ini diharapkan mampu membantu UMKM dalam meningkatkan citra merek dan potensi penjualan dengan persaingan bisnis yang terus berkembang.
Kata Kunci: Identitas visual, Citra merek, Potensi Penjualan, brand guidelines
MSMEs play an important role in improving the community's economy. This makes the emergence of MSMEs and their empowerment in Indonesia important. However, as time goes by, there are more and more new challenges and problems that must be faced in building a successful business. Mimochi MSME is an MSME in the food and beverage sector in Depok City which is considered to not have an adequate brand visual identity to communicate the brand image that influences brand awareness as well as brand image in the community, to the level of MSME sales potential. Therefore, designing a visual identity for Mimochi is a viable solution. This design focuses on creating a visual identity for Mimochi MSME and its application to its marketing media and a brand guidelines book as a document used to maintain its consistency. The methods used in this design are 1) Research/data collection, 2) Data analysis, 3) Concepts and creative ideas, 4) Designing, 5) Evaluation. Meanwhile, the design phase is divided into three stages: pre-production/preparation, production/implementation, and post-production/evaluation. This design is expected to be able to help MSMEs in improving their brand image and sales potential with the ever-growing business competition.
Keyword: Visual identity, brand image , sales potential, brand guidelines
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 1. Lani Siti Noor Aisyah, M.Ds., sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Eka Triana, S.E., M.S.Ak., sebagai Dosen Pembimbing 2 |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif |
| Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
| Depositing User: | Haura Nuha Kamila |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 09:19 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 09:19 |
| URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3625 |
